50 Hari Lagi, Bagaimana Nasib Stadion Piala Dunia?

Stadion Sao Paulo
Sumber :
VIVAbola
Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016
- FIFA bergerak cepat untuk menyelesaikan berbagai stadion yang masih molor dari tenggat waktu. Organisasi tertinggi sepakbola dunia itu memeriksa langsung kesiapan dua stadion Piala Dunia 2014.

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016

Sepanjang awal pekan ini, Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke, melakukan lawatan ke sejumlah stadion yang rencananya menggelar Piala Dunia 2014. Arena de Sao Paulo di Itaquera jadi pemberhentian pertama.
2 Kali Gagal Menang, Dunga Minta Brasil Tampil Lebih Ngotot


Sao Paulo sempat dipertanyakan kesiapannya menggelar laga pembukaan Piala Dunia nanti. Sejumlah masalah sempat menimpa renovasi yang dilakukan sejak dua tahun lalu tersebut, salah satunya saat konstruksi atap runtuh.


Namun, sekarang kondisinya telah dinyatakan siap. "Arena de Sao Paulo akan siap untuk laga pembuka. Masih ada berbagai pemeriksaan lebih lanjut. 50 hari menuju hari pembukaan, tak boleh ada waktu terbuang," ujar Valcke seperti dilansir situs FIFA.


Sao Paulo berikutnya akan menjalani tes menggelar pertandingan pada 17 atau 18 Mei saat menggelar laga Corinthians lawan Figueirense. Selain itu, struktur stadion juga akan diperiksa lebih lanjut.


Setelah menyambangi Sao Paulo, FIFA lalu melakukan inspeksi pada Arena da Baixada di Curitiba. Selain memeriksa kondisi rumput lapangan, Valcke juga sempat menyambangi ruang jumpa pers stadion yang akan menggelar empat laga grup Piala Dunia 2014 tersebut.


Dari foto yang diunggah situs resmi FIFA, kursi-kursi lipat berwarna putih sudah terpasang rapi di tribun stadion. Tambahan kapasitas 40.000 kursi dan atap buka-tutup juga sudah terpasang.


Curitiba sempat terancam gagal menggelar Piala Dunia karena selalu molor dari tenggat waktu. Tapi, sekarang kondisinya membaik. Meski begitu, Valcke menilai stadion belum selesai secara detail dan masih perlu dipoles.


"Jelas masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Akan ada tes
event
pada 14 Mei di sini, di mana stadion akan diisi oleh kapasitas maksimum sama seperti Piala Dunia nanti," tambah Sekjen FIFA tersebut.


Piala Dunia 2014 akan digelar di 12 stadion dan kota yang berbeda. Hingga saat ini, baru sembilan stadion yang dinyatakan siap menggelar turnamen sepakbola terbesar sejagat tersebut.
Kick-off
mulai 12 Juni 2014 di Sao Paulo. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya