Gara-gara Bobotoh, Persib Didenda Rp10 Juta

Suporter Persib Bandung 'Bobotoh'
Sumber :
  • Yadi | VIVAnews
VIVAbola - Persib Bandung harus kembali diganjar sanksi oleh Komisi Disiplin PSSI akibat ulah suporter mereka. Ulah sebagian suporter Persib yang mendatangi Stadion Petrokimia, Gresik pada Minggu 20 April 2014 membuat Maung Bandung dikenai denda Rp 10 juta serta tambahan hukuman percobaan larangan bagi suporter Persib menghadiri laga tandang selama enam bulan. 
Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

Kehadiran Bobotoh (sebutan suporter Persib) di kandang Gresik United memang tak sia-sia. Sebab, tim asuhan Djajang Nurjaman tersebut menang dengan skor 4-1 atas Gresik United dalam laga lanjutan Indonesian Super League (ISL) Grup 1 (Wilayah Barat).

Seperti diketahui, sebelumnya Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, melarang suporter Persib Bandung untuk menghadiri laga tandang klub kesayangannya selama satu tahun terhitung sejak September 2013. Keputusan itu merupakan buntut dari kericuhan yang terjadi dalam pertandingan antara Persija Jakarta versus Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 28 Agustus 2013.
Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong

Atas fakta ini, pihak Komdis pun harus mengambil tindakan tegas dengan memberikan denda sebesar Rp50 juta. Sesuai dengan Kode Disiplin PSSI pasal 75 ayat 7, suporter Maung Bandung itu juga dilarang untuk menghadiri laga tandang selama satu tahun, terhitung sejak Rabu 11 September 2013 ini.

Namun, Bobotoh melanggar larangan tersebut, dan Persib sendiri dianggap tidak mampu menjaga pendukungnya untuk mematuhi keputusan Komdis. Oleh karena itu, Komdis juga memberikan hukuman tambahan percobaan selama enam bulan agar Bobotoh jera. 

"Keputusan telah dijatuhkan kepada pendukung Persib Bandung. Persib harus membayar Rp 10 juta karena tidak bisa menjaga pendukung mereka untuk mematuhi hukuman dari Komdis,” terang Ketua Komdis PSSI, Hinca Panjaitan kepada wartawan di Kantor PSSI, Senin 21 April 2014. 

Persib terhitung sebagai klub ISL yang sering mendapat sanksi dari Komdis PSSI. Striker Persib, Ferdinand Sinaga juga sempat dihukum larangan bermain dua kali plus denda Rp 25 juta akibat melakukan tingkah laku buruk dan tidak patut karena memaki wasit dengan kata-kata kotor.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya