"Sepakbola Italia Sudah Terperosok ke Lubang Kotoran"

Pemain Inter Milan, Rodrigo Palacio, tergeletak di lapangan
Sumber :
  • REUTERS/Giorgio Perottino
VIVAbola
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus
- Agen kontroversial, Mino Raiola, kembali bersuara keras. Ia mengkritik sepakbola Italia yang kurang berinvestasi pada stadion dan tim junior, selain itu direktur klub Jerman juga disebut masih level amatiran.

Diincar 2 Raksasa Italia, Isco Dibanderol Madrid Rp733 M

Raiola adalah salah satu agen papan atas dunia sepakbola karena memiliki klien sekaliber Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, Mario Balotelli, dan Henrikh Mkhitaryan. Jelas, hampir seluruh liga pernah disambanginya.
Juventus Tak Menikmati Untung Besar dari Penjualan Pogba


Raiola ternyata sama sekali tidak terkesan dengan sepakbola Italia. Menurutnya, "Negeri Spaghetti" gagal mengikuti perkembangan dunia sepakbola yang bergulir sangat cepat.


"Sepakbola memiliki tenaga yang amat besar. Itu bisa bergerak sangat banyak. Lihat Italia. Mereka sudah masuk lubang kotoran dan sulit keluar. Kenama tak ada yang investasi pada infrastruktur atau stadion? Akademi tim junior?" kritik Raiola dalam wawancara dengan
11Freunde
.


"Yang membuat saya terkesan adalah Jerman, organisasi sempurna, masterplan jelas, yang terbukti di Piala Dunia 2006. Sekarang, sudah hampir 10 tahun kemudian, kita bisa melihat berkembangnya pemain muda yang mendorong Jerman," ujarnya pada majalah Prancis tersebut.


Menurut Raiola, yang mengaku sudah menghabiskan setengah hidupnya untuk dunia si kulit bundar, perkembangan sepakbola sebuah negara membutuhkan visi. Salah satu buktinya adalah berkembangnya permainan Mkhitaryan bersama Borussia Dortmund.


Meski memuji, Raiola juga menilai masih ada kelemahan dalam sepakbola Jerman. Ia merasa pada direktur olahraga beberapa klub Bundesliga masih tidak kompeten.


"Bundesliga sangat terorganisasi, seperti semua hal di Jerman. Itu liga terbaik saat ini, tapi masih kekurangan dua hal: penjualan ke luar negeri dan kurang profesionalnya direktur olahraga. Yang terakhir membuat saya terkejut," ungkapnya.


"Saya bahkan berani katakan banyak amatiran di Bundesliga saat ini, jika dibandingkan liga lain. Ada beberapa pengecualian. (Hans-Joachim) Watzke di Borussia Dortmund. (Karl-Heinz) Rummenigge di Bayern Munich, dan (Oliver) Kreuzer di Hamburg yang sangat profesional, memiliki keahlian dan integritas," tutur Raiola. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya