Barcelona dan Madrid Musim Ini, Bagaikan Bumi dan Langit

madrid juara copa del rey
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVAbola - Situasi jauh berbeda dialami dua klub raksasa Spanyol: Barcelona dan Real Madrid, di kompetisi musim ini. Kesenjangan kondisi keduanya bagaikan bumi dan langit.

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

Barcelona terancam puasa gelar. Sedangkan Madrid berpeluang besar meraih treble winner musim ini.

7 Hari Terkelam Lionel Messi Cs

Barcelona terancam hampa gelar musim ini. Satu-satunya peluang emas untuk meraih gelar musim ini terbuang sudah, Kamis dinihari kemarin. Barcelona gagal meraih gelar Copa Del Rey 2014.

Klub berjuluk Blaugrana itu kalah 1-2 dari Real Madrid di laga final Copa del Rey. Kegagalan yang sangat diratapi oleh publik Catalan. Selain karena kalah dari rival abadi, kegagalan ini juga semakin menipiskan harapan mereka untuk mendapatkan gelar musim ini.

Barcelona sudah dipastikan tak bisa meraih gelar di kancah Eropa setelah "ditendang" Atletico Madrid di babak perempat final Liga Champions. Satu-satunya harapan yang tersisa kini hanya berada di ajang La Liga.

Melihat posisi saat ini di klasemen, Barcelona dikatakan sulit untuk juara. Blaugrana tertinggal empat poin dari Atletico yang menguasai klasemen dengan 82 poin. Sementara itu, dengan Madrid yang ada di posisi kedua, Barcelona tertinggal satu poin.

Dengan lima laga sisa, memang peluang Barcelona belum tertutup. Tapi, akan sulit bagi mereka menyalip Atletico dan Madrid. Apalagi, Atletico tengah dalam tren positif setelah memetik kemenangan beruntun di La Liga.

Parahnya, ambisi mereka meraih gelar hanya dibuyarkan dalam tempo singkat, atau hanya 7 hari. Diawali pada 10 April lalu kala Barcelona dipastikan tersingkir dari Liga Champions usai kalah 1-2 dari Atletico Madrid di Vicente Calderon.

Nasib buruk Barcelona berlanjut 3 hari berselang. Barca keok 0-1 dari Granada di La Liga, 13 April lalu. Kekalahan membuat mereka terlempar ke peringkat 3 klasemen. Terpaut empat poin dari Atletico Madrid yang berada di puncak.

Dan nasib buruk Barcelona berlanjut tengah pekan ini setelah kalah 1-2 dari Real Madrid di final Copa del Rey. Padahal, ajang ini merupakan satu-satunya peluang emas yang bisa dimaksimalkan Barcelona untuk bisa meraih gelar musim ini.

Alhasil, jika gagal di La Liga, maka Barcelona akan mengulang masa kelam 6 tahun silam, atau tepatnya di musim kompetisi 2007 dan 2008. Di dua musim tersebut, Barcelona juga gagal meraih satu gelar pun.

Di musim 2007, Barcelona hanya menjadi runner up di La Liga. Sedangkan di Copa Del Rey, Barcelona disingkirkan oleh Getafe. Dalam ajang Liga Champions, Blaugrana hanya mampu mencapai babak 16 besar setelah disingkirkan Liverpool.

Pada musim 2008, Barcelona hanya mampu finis ke-3 di La Liga di belakang Madrid dan Villarreal. Di Copa Del Rey, Blaugrana cuma bisa sampai ke semifinal. Sementara itu, di Liga Champions, Barcelona harus mengakui kehebatan Manchester United.

Madrid Buru Rekor Bersejarah

Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya

Jika Barca terpuruk musim ini, berbeda dengan kondisi yang dialami Madrid. Sukses menjuarai Copa del Rey 2014, Kamis lalu, membuat klub yang berbasis di ibukota Spanyol itu sudah memastikan tambahan koleksi satu trofi.
 
Dan Presiden Real Madrid, Florentino Perez, menilai kesuksesan klubnya memenangkan Copa del Rey sebagai pembuka jalan untuk mencapai ambisi besar yaitu meraih treble winner. Madrid masih berpeluang menjuarai La Liga dan Liga Champions musim ini.

Madrid saat ini berada di posisi 2 klasemen La Liga, berselisih 3 poin dengan Atletico Madrid di posisi puncak klasemen sementara. Dengan lima laga tersisa, Madrid masih berpeluang besar menyalip perolehan poin Atletico untuk menjuarai La Liga.

Madrid juga berpeluang besar menjuarai Liga Champions setelah memastikan satu tempat di babak semifinal. Iker Casillas cs tinggal selangkah lagi mencapai laga pamungkas untuk meraih gelar ke-10 di Liga Champions.

"Sangat bagus meraih gelar pertama. Ini mengangkat kepercayaan diri kami untuk terus berjuang meraih tujuan berikutnya, yaitu juara Eropa ke-10 dan menjuarai Liga. Kami punya kesempatan besar dan akan berjuang meraihnya," tutur Perez.

Jika ambisi mereka terwujud, ini akan menjadi rekor bersejarah bagi Madrid. Karena Los Blancos belum pernah meraih treble winner. Berikut Ini laga tersisa yang bakal menentukan ambisi Madrid meraih treble winner:

La Liga
27 April 2014
Real Madrid Vs Osasuna

5 Mei 2014
Real Madrid Vs Valencia

7 Mei 2014
Real Valladolid Vs Real Madrid

11 Mei 2014
Celta de Vigo Vs Real Madrid

18 Mei 2014
Real Madrid Vs Espanyol

Liga Champions
24 April 2014 Leg 1 Semifinal
Real Madrid Vs Bayern Munich

30 April 2014 Leg 2 Semifinal
Bayern Munich Vs Real Madrid

24 Mei 2014 Final
(Jika bisa mengalahkan Bayern, Madrid akan menghadapi pemenang antara Chelsea dan Atletico Madrid)
(one)

Baca juga:

Adu Sprint Bale dan Bartra Jadi Bahan Ejekan di Dunia Maya

Terungkap, Kecepatan Bale Sebelum Jebol Gawang Barca

Pogba Catat Rekor, Ini Daftar 10 Pemain Termahal Dunia

Manusia Tercepat di Dunia Puji Kecepatan Bale

Ternyata, Gol Fantastis Bale Sudah Jadi Hafalan

Bale Sudah Biasa Cetak Gol Penentu Kemenangan

Madrid Contek Gaya Bermain Atletico untuk Singkirkan Barca?

Bayern Munich Tak Rela Hadapi Madrid Tanpa Ronaldo

Alexis Sanchez Hamili Cucu Pendiri Barcelona

Barcelona Kehilangan Neymar dan Alba Selama 4 Pekan

Mengidolakan Maxi Lopez Saat Kecil, Kini Icardi Rebut Istrinya

"Fans Lebih Rela Pindah Agama daripada Dukung Tim Lain"

30 Pemain yang Bersinar di Usia 30 Tahun ke Atas (1)

30 Pemain yang Bersinar di Usia 30 Tahun ke Atas (2)

Identitas Teroris Berlabel "Pemain Arsenal" Mulai Terungkap
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016