Lawan UEA Jilid II, Momen Timnas U-19 Jajal Formasi Baru

Latihan Timnas U-19 usai Tur Nusantara
Sumber :
  • VIVAnews/Daru Waskita

VIVAbola - Timnas Indonesia U-19 akan melakoni uji coba jilid II melawan Uni Emirat Arab (UEA) U-19 di Stadion Tyeyab, Awana, Dubai, Rabu 16 April 2014 malam nanti WIB. di laga sebelumnya, Garuda Jaya mengalahkan tuan rumah 4-1.

Sebelum bertemu UEA U-19, Timnas U-19 juga dua kali menjajal Oman. Di laga pertama, Evan Dimas dan kawan-kawan dipaksa menyerah 1-2, sebelum berhasil membalasnya dilaga kedua dengan skor sama.

Mantan pelatih Timnas U-16, Sutan Harhara, menilai apa yang diinginkan pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, sudah berjalan baik. Menurutnya, pola permainan Garuda Jaya juga sudah semakin cair. "Itu bisa dilihat dari hasil yang begitu mencolok (lawan UEA)," kata Sutan saat dihubungi VIVAbola, Rabu 16 April 2014.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Pada pertandingan melawan UEA jilid I, Indra melakukan eksperimen dengan mengubah susunan pemain di lini belakang dan tengah. Hansamu Yama yang biasanya berduet dengan Sahrul Kurniawan, dipasangkan dengan Ryuji Utomo.

Sedangkan, di lini tengah, Indra memberikan kesempatan kepada Paulo Oktavianus Sitanggang untuk mengisi posi Zulfiandi.

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

Sutan menganggap perubahan ini cukup baik. Namun dia berharap, Indra tetap melanjutkan eksperimennya saat bertemu UEA, malam ini. "Alternatif formasi kemarin cukup bagus hasilnya. Tapi, alangkah baiknya jika eksperimen dilanjutkan demi mendapatkan solusi lain dalam hal strategi dan formasi," katanya. 

"Para pemain harus diberikan kesempatan yang sama untuk bermain. Misal, empat bek yang biasanya bermain, salah satu harus dikorbankan dan disisipkan pemain yang lain. Lalu, di lini depan, harus ada rotasi. Jadi, tim pelatih tidak bingung ketika ada pemain kunci yang absen akibat masalah-masalah tertentu."

Usai menghadapi UEA U-19, Timnas U-19 akan beruji coba dengan klub lokal, Al Shabab pada 19 April 2014. Pertandingan melawan Al Shabab akan menjadi penutup Tur Timur Tengah Timnas U-19 yang digelar untuk persiapan sebelum tampil pada Piala Asia U-19 yang akan digelar di Myanmar, Oktober mendatang.

Prediksi Line Up Indonesia:
Timnas U-19: Awan Setho Rahardjo; Fathcurrahman, Hansamu Yama, Ryuji Utomo, Mahdi Fachri; Zulfiandi, Paulo Sitanggang, Evan Dimas; Dinan Yahdian, Ilham Udin, Muchlis Hadi.    

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016