Profil Kekuatan Lawan Timnas U-19 Nanti Malam

Timnas Uni Emirat Arab (UEA) U-19
Sumber :
  • uaefa.ae

VIVAbola – Usai menjajal kekuatan Oman, Timnas Indonesia U-19, akan bertemu Uni Emirat Arab (UEA) U-19 dalam laga uji coba bertajuk Tur Timur Tengah. Kedua negara akan bertemu sebanyak dua kali di Stadion Zeyab Awana, Dubai. Pertemuan pertama digelar malam ini, 14 April 2014 dan laga kedua digelar dua hari kemudian.

Dibanding Oman, sepakbola Uni Emirat Arab boleh dikatakan selangkah lebih maju. Di level tim nasional senior, Al-Abyad saat ini menempati rangking yang lebih baik, yakni 67 dunia atau terpaut 13 posisi dari Oman yang kini berada di urutan ke-80.

Meski tidak sepopuler raksasa Timur Tengah, Arab Saudi dan Iran, kekuatan UEA juga tidak boleh dipandang sebelah mata. UEA tercatat pernah menembus Piala Dunia 1990 yang digelar di Italia. Dua tahun kemudian, UEA menempati posisi 4 pada Piala Asia dan tampil sebagai runner up pada Piala Asia 1996.

Di level junior, prestasi UEA juga tak kalah mengilap. Mereka pernah menjuarai Piala Asia U-19 pada 2008 dan dua kali menempati urutan ketiga, yakni pada 1985 dan 1992.

Pemain-pemain muda UEA juga sudah mulai berbicara di pentas dunia. Setidaknya, mereka tiga kali mengirimkan wakilnya ke Piala Dunia U-20, yakni 1997, 2003 dan 2009.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Di edisi pertama, UEA lolos ke babak 16 besar. Sedangkan pada dua edisi terakhir, pemain-pemain muda UEA berhasil melangkah lebih jauh ke babak perempat final.

Sayangnya, performa UEA U-19 terlihat cenderung menurun dalam 2 tahun terakhir. Pada AFC Cup 2012, penampilan UEA U-19 tergolong kurang mengesankan karena tidak lolos dari babak penyisihan grup. 

Saat ini, Timnas UEA U-19 ditangani oleh Khalifa Mubarak untuk menghadapi AFC Cup 2014 di Myanmar. Khalifa Mubarak pada 28 Februari lalu sukses membawa UEA U-19 menaklukkan Mesir U-19 dengan skor 2-1 dalam sebuah laga persahabatan.

Saat bertemu Indonesia, UEA U-19 tidak akan diperkuat sejumlah pemain kunci. Dilansir dari situs resmi Federasi Sepakbola UEA, tiga pemain tuan rumah, yakni Ahmed Rabie, Ahmed Al Hashemi, dan Mohammed Bu Sindah, dipastikan absen saat bertemu Indonesia. Mereka tak bisa tampil karena sedang membela klubnya masing-masing, yakni Al Ain dan Al Jazira Clubs yang tengah berlaga di level Asia.

Satu pemain kunci lainnya, Ali Salmeen juga tidak bisa tampil karena cedera. Sebagai gantinya, pelatih UEA, Khalifa Mubarak, memanggil  tiga wajah baru, yakni Mohammed Saeed (Emirates), Hamad Khlid (Al Jazira), dan Bilal Yousuf (Sharjah).

Sebelum menghadapi Indonesia, UEA U-19 telah menjalani serangkaian persiapan. Sebanyak 15 pemain mengikuti latihan indoor, Sabtu, 12 April 2014. Keesokan harinya, para pemain UEA juga dibawa menjajal lapangan yang akan digunakan.

Skuad UEA di Kualifikasi Piala Asia 2014
1-Mohammed Saeed Busanda Ahmed Alfalahi (g), 4-Abdalla Ghanim Juma Ghanim, 5-Ali Hassan Ali Salmin Alblooshi, 7- Ahmed Mohamed Ahmed Husain Alhashmi, 8-Mohammad Abdulbasit Mohd A Al Abdulla, 10- Khalfan Mubarak Khalfan Alrezzi, 11-Ahmed Rabia Saleh Gheilani, 13- Rashid Ghanem Mohamed Obaid Alhajri, 18-Ahmed Jamil Mubarak Dahi Al Noufali, 23-Marwan Ali Mohammad Ibrahim, 26-Mansur Abudlla Ali HasanShakwan, 3-Mohammed Ahmad Mohammed Abdulla Alsumaiti, 6-Sultan Abdulwahab Meer Ahmed Alawadhi, 9-Omar Juma Rabeeh Mubarak Alshuwaihi, 14- Ali Abdulrahman Adulla Habeeb Alattas, 15-Khalid Abdulraheem Mohamed S Bawazir, 17-Jamal Ismail Jamal Abdulla Alhosani, 20-Khalid Islmaeel Rashed Faraj, 21-Jasim Jawhar Marzooq, 22- Sultan Abdulla Saeed Almentheri, 28-Abdul Rahman Jasem Mohamed Hasan, 30-Hatem Abdulrahman Mohammed Alraeesi
(one)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016