Cerita Miris Buruh Nike Indonesia Jadi Sorotan Media Inggris

Photo yang terpampang di Mirror.co.uk
Sumber :
  • Mirror

VIVAbola - Mahalnya harga kostum Timnas Inggris ternyata ikut menyeret nama Indonesia. Buruh yang menjahit kostum Wayne Rooney cs dinilai dapat bayaran tidak sebanding dengan harga jersey Three Lions untuk ke Brasil nanti.

Harga kostum Inggris memang sudah menjadi bahan pergunjingan setelah Nike membanderol Rp1,6 juta (£90) per kostum. Bahkan, Perdana Menteri Inggris, David Cameron, ikut mengecam harga tinggi tersebut.

Meski Nike sudah berkilah bahwa kostum terbaru ini memiliki teknologi tinggi yang ramah lingkungan, tetap saja menjadi sorotan media-media Inggris. Terakhir, terungkapnya eksploitasi kostum Inggris di Indonesia.

Menurut Mirror, Nike membuat kostum-kostum Inggris itu di 40 pabrik asal Indonesia dan menyerap tenaga kerja mencapai 171.000 orang.

Alasan Nike membuatnya di Indonesia karena harga tenaga kerja yang amat murah. Menurut Ultra Petita, pembuatan di negara ketiga macam Indonesia hanya menelan biaya sebesar £4 (Rp75.000). Sedangkan kalau dibuat di Eropa bisa meroket sampai £17 (Rp320.000).

Harga £90 yang dipatok Nike tentu sangat tinggi dan hanya menguntungkan sang produsen saja, bahkan untuk ukuran pekerja di Inggris sekalipun.

Sangat ironis dengan kehidupan para buruh di Indonesia. Dengan Upah Minimum Kerja sebesar Rp2,2 juta per bulan, jika dirata-ratakan, setiap pekerja Indonesia yang menjahit kostum Inggris hanya mendapatkan Rp5.642 per jam.

"Saya menjahit kostum Nike tiap 30 detik, sekitar 120 buah per jam di pabrik. Saya dan teman kerja saya mendapat gaji di bawah standar untuk mendapat makanan, rumah, perawatan kesehatan, dan edukasi untuk keluarga yang memiliki anak," aku seorang buruh bernama Aida, kepada surat kabar Inggris, Mirror.

"Satu kostum yang terjual itu seharga 40 persen pendapatan saya per bulan. Nike membuat keuntungan besar pada pekerjaan kami, tapi gagal memastikan kenaikan gaji kami," lanjutnya.

Nike bukan memproduksi kostum Timnas Inggris saja. Tercatat, tuan rumah Piala Dunia 2014, Brasil, dan Cristiano Ronaldo bersama Portugal juga akan ikut memamerkan kostum terbaru dengan logo "Swoosh" khas Nike di Piala Dunia 2014 nanti.

Keuntungan yang diraih perusahaan asal Oregon, Amerika Serikat, itu sepanjang 2013 pun sangat luar biasa yaitu £1,5 miliar. "Tentu, sangat berbeda jauh dengan suasana pabrik Indonesia yang panas dan berdebu," tulis Mirror. (one)

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016

Baca juga:

Tundukkan PSG, Tiket Semifinal Milik Chelsea

7 Fakta Menarik Usai Chelsea Singkirkan PSG

Karakter Chelsea Bikin Mourinho Bangga

Demba Ba: Chelsea Lolos, Terima Kasih Tuhan!

Blanc: PSG Kalah Pengalaman Dibandingkan Chelsea

Madrid ke Semifinal Meski Takluk di Markas Dortmund

Ronaldo Dicadangkan Madrid, Dortmund Mainkan Lewandowski

Casillas: Madrid Dilarang Main Buruk Lagi di Semifinal

Ancelotti Akui Madrid Beruntung Bisa Lolos ke Semifinal

Tersingkir, Klopp Tetap Sebut Dortmund Luar Biasa

Moyes Vs Guardiola:  "Si Culun Vs Si Tukang Bully"

Goetze Minta Bayern Gempur Pertahanan MU

5 Tiket Pertandingan Olahraga Termahal di Dunia

Pemain Naturalisasi Ini akan Nyoblos Kali Pertama di Pemilu

Hodgson: Karir Vardy di Timnas Inggris Masih Panjang

Tyas Mirasih Ultah, Syamsir Alam Hadiahi Gol

Tim penjinak bom Brasil meledakkan paket

Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016

Ditemukan paket misterius di dekat garis finis.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016