Usai 24 Tahun Berkarier, Rivaldo Putuskan Gantung Sepatu

Eks bintang Barcelona dan Timnas Brasil, Rivaldo.
Sumber :
  • notishowgospel
VIVAbola - Mantan bintang Barcelona dan Timnas Brasil, Rivaldo, akhirnya memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola, Minggu 16 Maret 2014. Itu dilakukannya setelah 24 tahun melanglangbuana sebagai pesepakbola profesional.
Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Memulai karier profesional bersama Santa Cruz, Rivaldo mencoba peruntungannya di tanah Eropa dengan bergabung Deportivo La Coruna. Jalan tersebut pun menuntunnya pada puncak kesuksesan bersama Barcelona, pada 1997-2002.
Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Selama berseragam "Blaugrana", Rivaldo mencicipi dua gelar juara La Liga, satu Copa del Rey, dan satu UEFA Super Cup. Selain itu, dia mendapat penghargaan tertinggi bagi pesepakbola, Ballon d'Or dan pemain terbaik dunia FIFA pada 1999. 
Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016

Pada 2002-2004, Rivaldo memutuskan untuk bergabung dengan raksasa Italia, AC Milan. Meski tak selalu menempati tim utama, pemain bernama lengkap Rivaldo Vítor Borba Ferreira itu mencicipi gelar Liga Champions dan Coppa Italia pada 2003.

"Dengan rasa haru, pertama-tama saya ingin berterima kasih kepada Tuhan, keluarga saya, dan seluruh dukungan yang saya dapatkan selama 24 tahun bermain. Hari ini, kepada seluruh fans di dunia, saya ingin mengatakan kalau kisah saya sebagai pesepakbola sudah berakhir," kata Rivaldo, seperti dilansir The State.

Rivaldo juga mengatakan bahwa dia membangun karier dengan keajaiban. "Tinggal di (kota kecil) Paulista, kesulitan keuangan, hanya ada insentif dari keluarga, tak dianggap oleh para dokter dan pelatih-pelatih," ujar Rivaldo, yang kini berusia 41 tahun. 

"(Namun), dengan ketekunan, dedikasi, dan khususnya bantuan Tuhan, saya akhirnya bisa dikenal sebagai pesepakbola terbaik di dunia. Juara dunia," sambung sosok yang berperan besar bagi kesuksesan Brasil pada Piala Dunia 2002 tersebut.

Jelang memutuskan untuk gantung sepatu, Rivaldo juga menciptakan sensasi. Di klub terakhirnya, Mogi Miri, yang berkompetisi di Seri C (Divisi 3 Liga Brasil), Rivaldo bermain satu tim dengan anaknya, Rivaldinho, pada pertandingan resmi. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya