Wasit Kontroversial Persipura Vs Persiba Dirumahkan

Pemain Persipura Jayapura, Ferinando Pahabol (merah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Chanry Andrew Suripatty
VIVAbola
Persipura vs Persija Dipastikan Jadi Partai Pembuka ISC
– Wasit Ahmad Suparman yang memimpin laga Persipura Jayapura vs Persiba Balikapapan akhirnya dirumahkan. Pengadil lapangan asal Jawa Barat itu dibebastugaskan sampai Komite Wasit PSSI menentukan vonis administratif.

Boaz Kembali, Persipura Makin Percaya Diri

Kepemimpinan Ahmad dalam pertandingan Persipura versus Persiba di Jayapura memang memicu kontroversi. Saat itu, Ahmad menghadiahi tuan rumah penalti setelah menganggap bek Persiba dianggap handball. Namun, dalam tayangan lambat terlihat bola hanya mengenai pinggul bek Persiba.
Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan


Selain itu, Suparman juga dianggap tidak tegas karena hanya mengganjar kartu kuning pemain Persipura, Domingus Fakdawer, yang tertangkap kamera memukul penyerang Persiba, Fernando Soler. Anggota Komisi Wasit, Purwanto, menekankan bahwa pasal 12 Law of The Game menyebutkan pemain yang memukul pemain lain wajib diganjar kartu merah. Dalam laga ini, Persipura akhirnya menang 1-0.


"Kita semua sudah lihat di siaran televisi bagaimana kepemimpinannya (Suparman), dia takut. Padahal, dalam pasal 12 sudah tegas menyebut pemain yang memukul harus dikartu merah, tapi dia malah kasih kartu kuning. Ya, pasti dia off dulu memimpin pertandingan,” jelas Purwanto saat dihubungi VIVAbola, Senin 24 Februari 2014.  


"Nanti, dari Komite Wasit akan mengambil keputusan berapa lama dia dihukum. Sekarang, ya dia tetap tidak boleh memimpin pertandingan di level kompetisi manapun sampai tahun depan. Sampai keputusan kami keluarkan, baru diketahui berapa lama dia dihukum,” lanjut Purwanto.


Ketua Komite Wasit, Robertho Rouw, juga menyatakan, pihaknya akan mengambil tindakan tegas terhadap wasit yang tidak becus dalam memimpin laga. Roberto mengaku menonton duel Persipura vs Persiba, sehingga dia tahu bahwa Suparman banyak mengambil keputusan yang salah dalam laga yang digelar di Stadion Mandala itu.  


Menurut Robertho, Komite Wasit akan berkoordinasi dengan PT Liga Indonesia, agar tidak lagi memakai jasa Ahmad Suparman. Selain itu, Robertho juga menyiratkan bahwa Suparman dilarang kembali memimpin pertandingan kompetisi di Indonesia.


"Saya nonton langsung, dan memang dia (Suparman) melakukan kesalahan. Kami akan memberhentikan dia dari ISL, kami juga akan berkoordinasi dengan PT Liga Indonesia untuk masalah ini. Yang jelas, dia sudah mengindikasikan memimpin pertandingan dengan tidak benar,” terang Roberto.  (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya