Liverpool, Batu Sandungan Arsenal Pertahankan Puncak Klasemen?

Para pemain Arsenal merayakan gol ke gawang Fulham.
Sumber :
  • REUTERS/Suzanne Plunkett

VIVAbola - Duel panas akan terhampar di Anfield, malam nanti. Sang pemuncak klasemen Premier League, Arsenal, punya tugas berat menaklukkan tuan rumah Liverpool. Tergelincir, Arsenal terancam digusur Manchester City dan Chelsea.

Arsenal yang kini mengoleksi 55 poin memang hanya unggul dua poin dari dua rival terdekatnya itu. Sedangkan Liverpool kini berada di posisi keempat dengan koleksi 47 poin atau terpaut enam poin dari ManCity dan Chelsea.

Arsenal sendiri harus melihat The Citizens dan The Blues sedikit diunggulkan melihat lawan-lawan yang dihadapi di pekan ke-25 ini. ManCity ditantang Norwich City, sedangkan Chelsea akan menjamu Newcastle United di Stamford Bridge.

Ancaman dari para rival ini membuat manajer Arsenal pantas was-was. Selain itu, menaklukkan Liverpool di Anfield tentu bukan pekerjaan mudah. Namun Wenger pantas sedikit bernafas lega. Pasalnya, skuadnya kini mendapat suntikan semangat dengan kembalinya Jack Wilshere yang baru pulih dari cedera engkel.

Hanya Aaron Ramsey, Matthieu Flamini, Thomas Vermaelen dan pemain anyar Kim Kallstrom yang masih berkutat dengan cedera. Sedangkan di kubu Liverpool, duo bek Daniel Agger dan Glen Johnson masih menjadi pesakitan. Sedangkan pilar pertahanan lainnya, Mamadou Sakho dan Jose Enrique, juga belum 100 persen.

Meski berstatus tamu, Arsenal tak gentar mendatangi Anfield. Pasukan London Utara ini siap merampok poin dari Liverpool. Mendapat hasil positif menjadi satu-satunya tujuan para pilar Arsenal termasuk sang kiper Wojciech Szczesny.

"Setiap pertandingan di Premier League selalu menjadi momen yang sulit. Anda tidak akan mengenal tim terlemah. Jadi, sangat sulit, tapi kami siap menatap pertandingan ke depan," kata Szczesny di situs resmi Arsenal.

"Kami melihat pertandingan melawan Liverpool sebagai peluang memperlebar jarak dengan tim di bawah kami. Saya rasa setiap pemain siap bertanding melawan klub besar dan pemain berkelas," lanjutnya.

Namun kepercayaan diri tak hanya menjadi milik Arsenal. Liverpool juga tak kalah pede akan mampu mengamankan tiga poin di kandang. Manajer Brendan Rogers yakin pemainnya mampu menunjukkan performa apik di big match tersebut.

Menurut Rodgers, The Reds justru selalu tampil luar biasa kala menghadapi tim-tim besar. Tak hanya itu, Rodgers juga yakin dukungan penuh publik Anfield dipastikan akan semakin membangkitkan gairah bertanding Luis Suarez cs.

Wenger Isyaratkan Tak Ada Bek Baru di Laga Pertama Arsenal

"Kami selalu bermain brilian di kandang. Level performa pemain dan dukungan penuh dari fans akan membuat pertandingan nanti menjadi luar biasa. Itu akan jadi laga besar buat kami," kata Rodgers.

"Saya terkadang berpikir, semakin besar pertandingan yang kami lakoni, maka semakin baik kami bermain. Lihat saja saat kami menghadapi Tottenham Hotspur, Everton dan Manchester United," sambung Rodgers.

Keyakinan Liverpool akan mengalahkan Arsenal juga disampaikan pilar pertahanan The Reds, Martin Skrtel. "Saya yakin kami dapat mengalahkan Arsenal karena kami sebenarnya punya kekuatan untuk melakukan itu," kata Skrtel.

Data dan Fakta Liverpool Vs Arsenal

Luis Suarez dan Daniel Sturridge telah bermain bersama di 11 pertandingan Premier League musim ini. Menariknya, Arsenal menjadi satu-satunya tim yang membuat keduanya tak mampu mencetak gol. Sedangkan gelandang Arsenal, Santi Cazorla telah mencetak dua gol dalam tiga pertandingan Premier League melawan Liverpool.

Arsenal juga unggul dalam head to head. Liverpool tercatat hanya menang sekali dalam 13 pertemuan terakhir di pentas Premier League. Tujuh laga berakhir imbang dan harus menelan 5 kekalahan. Di Anfield, Liverpool bahkan tak pernah menang dengan catatan tiga kali imbang dan tiga kali kalah.

Arsenal sendiri tak terkalahkan dalam tujuh pertandingan Premier League. Dan Arsenal menjadi tim terakhir yang membuat Liverpool gagal mencetak gol. Sedangkan Liverpool juga punya modal dengan tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir.

Nah, berikut statistik dari 10 pertemuan terakhir kedua tim. Arsenal mengantongi enam kemenangan, tiga imbang dan satu kekalahan:

03 November 2013    Premier League  
Arsenal     2 - 0    Liverpool

31 Januari 2013    Premier League  
Arsenal     2 - 2    Liverpool

2 September 2012    Premier League  
Liverpool     0 - 2    Arsenal

3 Maret 2012    Premier League  
Liverpool     1 - 2    Arsenal

20 Agustus 2011    Premier League  
Arsenal     0 - 2    Liverpool  

17 April 2011    Premier League  
Arsenal     1 - 1    Liverpool

15 Agustus 2010    Premier League  
Liverpool     1 - 1    Arsenal

11 Februari 2010    Premier League  
Arsenal     1 - 0    Liverpool

13 Desember 2009    Premier League  
Liverpool     1 - 2    Arsenal

29 Oktober 2009    Piala Liga  
Arsenal     2 - 1    Liverpool

Oezil Tak Berharap Jadi Kapten Jerman
Manajer Liverpool, Juergen Klopp.

Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali

Klopp menginginkan posisi itu untuk mengurangi beban kerjanya.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016