Pelatih Timnas U-19: Barca? Ini Gaya Main Anak Indonesia

Pemain Timnas U-19 di Tur Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Noveradika

VIVAbola - Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri, membantah timnya mengembangkan pola tiki-taka yang sangat akrab dengan Barcelona. Menurutnya, ini gaya yang cocok dengan pemain Indonesia.

Dalam dua laga pertama Tur Indonesia, Timnas U-19 tampil begitu dominan dalam penguasaan bola. PSS Sleman ditekuk 1-3 dan klub Liga Super Indonesia (ISL), Persiba Bantul, menyerah 0-2.

Menurut Indra, tak ada perubahan gaya bermain dalam timnya jelang Piala Asia U-19. "Garuda Jaya" tetap memainkan umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki.

Gaya ini mirip dengan yang dikembangkan Barcelona era Pep Guardiola. Namun, hal itu disanggah oleh Indra.

"Kalau mau main bola harus dengan bola. Kalau mau memenangkan pertandingan harus kuasai bola itu sendiri. Untuk itu ke depan akan kita terapkan hal yang sama," ujar Indra.

"Jadi cara bermain kita seperti dan jangan dinamakan niru-niru gaya Barcelona karena itu tidak ada. Itu cara bermain orang Indonesia yang dapat dimainkan oleh orang Indonesia," lanjutnya di Stadion Sultan Agung, Bantul, DIY, Rabu 5 Februari 2014

Setelah melakoni dua laga ujicoba dengan tim lokal Yogyakarta, Indra memberikan tanda ingin dapat lawan yang lebih berat. Pelatih asal Padang itu ingin tim asuhannya belajar ke luar dari tekanan di atas lapangan.

"Kalau bisa, saya ingin bertemu dengan tim yang memiliki tekanan lebih tinggi terhadap anak-anak. Sehingga mereka dapat belajar keluar dari tekanan yang tinggi tersebut," imbuhnya.

Di lain pihak, Persiba tetap puas meski kalah dua gol tanpa balas. Menurut pelatih Sajuri Sahid, laga lawan Timnas U-19 akan menjadi pelajaran berharga buat timnya yang didominasi pemain-pemain Persiba U-21.

"Kekalahan 0-2 dari Timnas U-19 merupakan hal yang bagus. Pemain kita yang kategori U-21 seperti Suni, Romi, Rico, Heru Kuswanto sudah menunjukkan permainan bagus," tambah Sajuri dalam jumpa pers. (one)

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Baca juga:

Real Madrid Lumat Atletico Tiga Gol Tanpa Balas

10 Fakta Menarik Usai Madrid Lumat Atletico

Kalah Telak, Atletico Siapkan Pembalasan di Calderon

Ancelotti: Ini Permainan Terbaik Madrid

Ancelotti Minta Madrid Tetap Hati-hati di Leg 2

Cristiano Ronaldo Akhirnya Dijatuhi Hukuman 3 Laga

Ancelotti: Hukuman untuk Ronaldo Tidak Normal

Pose Nakal Pacar CR7 "Panaskan" Olimpiade Musim Dingin

Ibra Menggoda CR7 Lewat Kado Ulang Tahun

Riedl: Bepe ke Timnas? Pertanyaan Gila

Riedl Temukan Bibit-bibit Baru Timnas Senior

Debut dengan Klub Jepang, Irfan Bachdim Malah Sedih

Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot
Pemain Timnas Argentina

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Argentina menggeser Belgia di rangking teratas dunia.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016