Kiprah Aji Santoso di Timnas Indonesia

Aji Santoso
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Aji Santoso akhirnya terpilih sebagai pelatih tim nasional Indonesia U-23 yang diproyeksikan untuk Asian Games 2014. Pria 43 tahun ini akan didampingi oleh Mustaqim dan Muhammad Zein Alhadad sebagai asisten pelatih.

Aji bukanlah sosok yang asing dengan sepakbola Indonesia. Pria kelahiran Malang ini sudah dua kali menjadi asisten pelatih timnas U-23. Di SEA Games 2011, Aji bersama Rahmad Darmawan (RD) sukses mempersembahkan medali perak dari cabang olahraga sepakbola. Prestasi yang sama juga diraihnya di 2013 dan dia masih berduet dengan RD.

Aji juga sempat berkecimpung di timnas senior. Dia sempat menjadi asisten pelatih Wim Rijsbergen pada 2011 hingga 2012. Saat Rijsbergen dipecat, Aji ditunjuk sebagai pelatih caretaker.

Sayangnya, kiprah Aji bersama Tim Merah Putih ternoda dengan kekalahan telak 0-10 atas Bahrain di laga pamungkas Pra Piala Dunia 2014 grup E, 29 Februari 2012. Ini menjadi rekor kekalahan terbesar Indonesia sepanjang sejarah. Rekor sebelumnya adalah kalah 0-9 dari Denmark pada 1974.

Dualisme di kubu PSSI saat itu membuat Aji kesulitan mengumpulkan pemain terbaik. Indonesia hanya diperkuat dari pemain-pemain yang berlaga di pentas Indonesian Premier League (IPL).

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Kiper Indonesia, Syamsidar, sudah harus menerima kartu merah pada menit ketiga. Alhasil, Indonesia benar-benar tak berdaya saat itu.

Setelah itu, Aji memutuskan mundur dari jabatan di timnas senior. Posisinya di timnas senior akhirnya diisi oleh Nil Maizar. Aji memilih untuk berkonsentrasi menangani timnas U-23.

Aji memimpin skuad Garuda Muda dalam beberapa laga persahabatan sepanjang 2012. Sayangnya, timnas U-23 sempat kalah 0-6 dari tim Malaysia Selection pada 27 Juli 2012. Di ajang SCTV Cup, timnas U-23 kalah 0-1 dari Malaysia pada 9 September 2012.

Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot

Dia juga memimpin timnas U-23 dalam turnamen Batik Cup di Solo. Dalam turnamen ini, Indonesia menempati peringkat ketiga setelah menundukkan Divisi Utama U-23 All Star dengan skor tipis 1-0. (art)

Lihat berita menarik lainnya dengan mengklik tautan ini.

Deretan Musisi Indonesia yang Awet Muda di Usia 40an
Pemain Timnas Argentina

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Argentina menggeser Belgia di rangking teratas dunia.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016