"Kemampuan Para Pemain Timnas U-19 Mulai Merata"

latihan timnas u-19 di Batu, Malang
Sumber :
  • VIVAnews/Adi Yoga
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Timnas Indonesia U-19 sudah menjalani masa pemusatan latihan (TC) selama 3 bulan lebih. Di masa itu, tim pelatih menilai perkembangan para pemain sangat memuaskan. Bahkan, mereka menilai, kualitas pemain yang ada di Timnas U-19 saat ini sudah mulai merata.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Saat ini, TC yang dijalani pasukan Indra Sjafri sudah memasuki tahapan 2 dalam persiapan jelang Piala Asia 2014, Myanmar. Di kalangan tim pelatih, fase ini dikenal sebagai fase spesifik.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Pada tahapan ini, para pemain digembleng dengan menu latihan yang bertumpu pada taktik dan strategi permainan. Sebelumnya, pada TC tahap 1 yang digelar di Batu, Timnas U-19 mendapatkan latihan untuk peningkatan fisik.


Hasil yang didapatkan di Batu, ternyata cukup membantu perkembangan kemampuan pemain di TC tahap 2 ini. Para pemain pelapis dinilai mampu bersaing dengan muka-muka lama di Timnas U-19.


Contohnya adalah di lini tengah. Dari hasil yang didapat pada TC tahap 1, Evan Dimas, Zulfiandi dan Muhammad Hargianto, masih menjadi pemain dengan kondisi fisik paling prima. Namun, dikatakan oleh asisten pelatih Timnas U-19, Eko Purdjianto, para pemain pelapis di lini tengah, sudah mulai mampu mengimbangi kualitas mereka.


"Tim sudah mulai merata kemampuannya. Memang, selama ini pemain-pemain lama masih mendominasi. Kami terus mencoba untuk membuat kemampuan setiap pemain di masing-masing lini menjadi rata," kata Eko kepada VIVAbola, Selasa 21 Januari 2014.


Jika kondisi itu bisa tercapai (meratanya kemampuan pemain di setiap lini), diakuiĀ  Eko, akan menjadi keuntungan tersendiri bagi tim. "Jika nantinya ada yang cedera atau terkendala masalah lain, kami tidak akan pusing mencari pemain pengganti untuk mengisi pos yang kosong," ujarnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya