Beberapa Pemain Timnas U-19 Sembunyikan Cederanya

Pemain Timnas Indonesia U-19 di Yogyakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
VIVAbola - Ketika teman-teman satu timnya berlatih bersama, pemain depan Timnas U-19, Dinan Yahdian Javier terpaksa berlatih terpisah. Cedera punggung dan pergelangan kaki kanan yang didapatnya saat berlatih di Batu, Malang, Jawa Timur, belum sembuh 100 persen.
Bursa Saham Asia Kompak Anjlok Imbas Ekskalasi Konflik Iran-Israel, BEI Buka Suara

Dinan berlatih sendiri dibantu oleh dokter timnas U19 Alfan Nur Asyhar. Dinan tampak melakukan passing-passing pendek di pinggir lapangan. Selesai latihan pun, tampak pergelangan kaki kanan Dinan dikompres dengan es batu.
Puji MK Persilakan Pemohon Serahkan Kesimpulan Sengketa Pilpres, Refly: Luar Biasa

"Cedera Dinan kambuh kembali dan harus berlatih terpisah dengan teman-temannya," kata Alfan Nur Asyhar, Sabtu 18 Januari 2014
Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Sebenarnya kata Asyhar, kondisi cedera Dinan usai dari Batu, Malang berangsur membaik namun saat latihan bersama dengan anggota Timnas U-19 lainnya, kaki kanan dan pinggulnya terbentur dan cedera kambuh kembali.

Asyhar memastikan cedera yang dialami Dinar tidak begitu parah dan kemungkinan pekan depan sudah bisa berlatih kembali bersama tim "Minggu depan sudah bisa kembali berlatih dengan teman-temannya," jelasnya. 

Asyhar juga mengatakan bahwa banyak anggota Timnas U-19 yang mengalami cedera namun disembunyikan karena takut dicoret sebagai anggota Timnas U-19. Padahal, jika cedera itu dibiarkan maka akan semakin parah.

Namun, Asyhar menuturkan kalau dia sudah mengingatkan para pemain. "Jika ada pemain yang cedera harus segera dirawat agar cepat pulih kembali," tuturnya.

Pascacedera, banyak yang takut atau trauma cedera di bagian tubuh yang sama dapat kembali kambuh. "Trauma ini terkadang membuat pemain tidak bisa tampil maksimal. Lantaran kemampuanya tertutup oleh rasa takut," ujar Ashyar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya