Inter Island Cup

Bantu Persebaya Tekuk Persegres, Agu Casmir Temukan Ketajaman

RD melatih Persebaya
Sumber :
  • VIVAnews/Adi Yoga

VIVAbola – Persebaya Surabaya memuncaki klasemen zona Jawa 3 Inter Island Cup 2014 usai menekuk Persegres Gresik United 3-1 di stadion Brawijaya Kediri, Senin 13 Januari 2014. Dengan poin 6, kans Persebaya melaju ke fase berikutnya masih terjaga sambil melihat hasil di partai kedua antara Persik Kediri kontra Persiba Bantul.

"Tapi, di turnamen ini pakai sistem head-to-head. Meskipun Persik kalah, laga terakhir nanti (15 Januari) tetap akan menentukan nasib Persebaya," ucap manager coach Rahmad Darmawan.

Bonek 'Sulap' Stadion di Jakarta Bak Markas Sendiri

Namun, dia mensyukuri kemenangan kali ini. Apalagi, Persebaya main dalam kondisi lapangan yang sangat tidak ideal untuk memainkan game plan sesuai arahannya.

"Saya lakukan perubahan game plan mendadak jelang pertandingan. Skema main pendek dan cepat tidak mungkin diterapkan di lapangan yang berat terkena hujan ini," terang RD.

Dia mengakui, di babak pertama permainan tidak berkembang karena perubahan itu butuh adaptasi bagi Greg Nwokolo cs. "Hanya satu peluang saja yang tercipta," tambahnya.

Babak kedua, skema main yang diharapkan RD kembali dijalankan. hujan yang sudah berhenti, membuat permukaan lapangan agak ideal untuk menunjang permainan pendek dan cepat. Namun, keasyikan mendominasi serangan, Persebaya justru dikejutkan gol Jacky Pasarella di menit ke-68. Sepakan kerasnya dari sisi kiri tak kuasa diamankan Jendry Pitoy.

Situasi itu membuat Persebaya kembali tampil taktis. Dua menit berselang berawal dari corner, Dedi Kusnandar membalas ketertinggalan lewat tendangan jarak jauh yang sempat membentur pemain GU. Bola yang berubah arah itu langsung menghujam sudut kiri gawang kiper Sukasto Effendi.

Wagub DKI: Kalau Bonek Mengganggu, Kami Tindak Tegas

"Kami lengah. Prinsip defense pemain membuat Persebaya bisa membalasnya. Situasi itu membuat pemain kian tertekan," terang Agus Yuwono, pelatih GU.

Hasilnya, dalam tempo empat menit, Agu Casmir yang dipercaya RD tampil penuh, mengubah hasil akhir. Diawali kerjasama apik dengan Greg, pemain naturalisasi asal Singapura itu menjebol gawang GU di menit ke-82.

Sedangkan gol keduanya didapat usai sukses manfaatkan bola rebound di menit ke-86. Kedudukan ini bertahan hingga wasit Hamsyir (Balikpapan) meniup peluit panjang.

SUSUNAN PEMAIN
Persegres GU: 20-Sukasto Efendi; 1-Legimin Raharjo, 5-Otavio Dutra, 32-Mahrus Bahtiar kk (77), 23-Mahyadi Panggabean (c); 24-Fajar Andika, 18-Matsunaga, 50-Reza Mustofa, 19-Jimmy Suparno; 17-Eliazer Thoncy M/Jacky Pasarella (43), 29-Ndiaye Pape KK (27)

Polisi Bersenjata Kawal Demo Bonek di Kongres PSSI

Cadangan: 77-Herry Prasetya, 6-Dedi Indra, 2-Handi Ramdhan, 3-Lan Bastian, 7-David Faristian, 9-Jacky Pasarella, 27-Kacung Munif

Persebaya: 1-Jendry Pitoy; 59-H Kipuw, 29-Ambrizal, 41-D Monchare, 26-Alfin Tuasalamony; 11-Dedy Kusnandar/A Hisyam (79), 25-L Manahati, 21-Ari Supriatna/Firmansyah (54), 22-Fandi Eko/Nzekou (46), 10-Greg Nwokolo, 32-Agu Casmir

Cadangan: 27-Thomas RB, 3-Vava Mario Zagalo, 23-Leo S, 6-Ahmad Hisyam, 18-Firmansyah, 30-Patrick Nzekou, 81-M Ilham (one)

Pelatih anyar Persipura Jayapura, Liestiadi.

Kalah dari PSM, Pelatih Gresik United Amuk Wasit

"Bagaimana sepakbola kita maju kalau wasit kerap blunder," ujarnya.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016