11 Pesepakbola yang Akan Pensiun Sebagai Legenda

Ryan Giggs
Sumber :
  • Reuters

VIVAbola - Karier sejumlah pesepakbola papan atas dunia tidak akan berlangsung lama. Beberapa dari mereka sudah menatap masa-masa pensiun. Lalu, siapa sajakah pesepakbola veteran yang akan pensiun dengan titel sebagai legenda?

Berikut ini adalah 11 pemain yang akan pensiun sebagai legenda seperti dikutip dari Give Me Sport:

1. Ricardo Kaka

Rekor Buruk Mourinho di MU

Ricardo Kaka

Gelandang serang 31 tahun ini dipastikan akan menjadi legenda Brasil dan AC Milan saat pensiun nanti. Kariernya dalam beberapa tahun terakhir memang menurun drastis. Namun, tidak pernah ada yang akan melupakan gelar Piala Dunia 2002, Scudetto 2004 dan Liga Champions 2007 yang pernah diraih Kaka bersama timnas Brasil dan I Rossoneri.

2. Didier Drogba

Didier Drogba

Sempat diragukan saat didatangkan Chelsea pada 2004, Drogba menjelma menjadi pemain terhebat sepanjang masa The Blues saat memutuskan hengkang pada 2012. Pada Oktober 2012, striker 35 tahun itu dipilih suporter Chelsea sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah klub. 8 tahun berkarier di Stamford Bridge, Drogba mempersembahkan 3 gelar Premier League, 4 Piala FA, 2 Piala Liga dan satu Liga Champions.

Drogba juga dipastikan pensiun sebagai legenda Pantai Gading. Striker Galatasaray itu hingga saat ini masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah timnas Pantai Gading dengan 62 gol. Drogba juga mengantarkan Pantai Gading lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama pada 2006.

3. Alessandro Del Piero

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Alessandro Del Piero

Siapa yang tidak kenal Del Piero? Striker 39 tahun ini sudah dianggap sebagai legenda Italia dan Juventus meski belum pensiun. Del Piero merupakan salah satu bintang Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006. Sedangkan bersama Juventus, Del Piero mampu meraih 6 gelar Scudetto dan 1 Liga Champions.

4. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic

Meski sering berganti-ganti klub, Ibrahimovic selalu menunjukkan kualitasnya di klub dia perkuat. Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan dan kini Paris Saint-Germain. Ibrahimovic selalu menjadi mempersembahkan gelar liga bagi klub-klub tersebut.

5. Steven Gerrard

Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus

Steven Gerrard

Kapten Liverpool dan timnas Inggris ini sudah mencatatkan namanya sebagai salah satu pesepakbola terbaik di dunia. Penampilannya terbilang konsisten setiap musim. Trofi Liga Champions 2005 dan Piala FA 2006 merupakan salah satu bukti sukses Gerrard bersama Liverpool.

6. Thierry Henry

Thierry Henry
Jika gantung sepatu nanti, Henry dipastikan menjadi legenda Arsenal dan timnas Prancis. Bahkan Arsenal mendirikan sebuah patung striker 36 tahun itu di halaman Stadion Emirates. Henry sukses membawa Arsenal juara Premier League 2002 dan 2004. Sedangkan bersama timnas Prancis, Henry merasakan gelar Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

7. Javier Zanetti

Javier Zanetti

Di usianya yang sudah menginjak 40, Zanetti masih menjadi bagian dari skuad Inter Milan musim ini. Zanetti sudah tidak memerlukan pembuktikan. Bek asal Argentina itu sudah menjadi legenda La Beneamata meski belum pensiun. Dibeli Inter pada 1995, Zanetti sudah menjadi kapten di Giuseppe Meazza sejak 1999. Zanetti kemungkinan besar akan menjadi salah satu direktur di Inter usai pensiun.

8. Ronaldinho

Ronaldinho

Salah satu bintang asal Brasil yang akan pensiun sebagai legenda. Dengan teknik individu di atas rata-rata, Ronaldinho sudah menghibur jutaan pecinta sepakbola di dunia. Ronaldinho akan tercatat sebagai salah satu legenda Barcelona dan timnas Brasil.

9. Andrea Pirlo

Andrea Pirlo

100 caps bersama timnas Italia, Pirlo merupakan salah satu pemain terbaik dalam sejarah Gli Azzurri. Peraih gelar juara Piala Dunia 2006 dan meraih banyak sukses bersama AC Milan. Dalam dua musim terakhir, Pirlo juga sukses bersama Juventus.

10. Francesco Totti

Francesco Totti
Dengan sudah lebih dari 500 kali memperkuat AS Roma, Totti sudah pasti menjadi legenda Il Lupi usai pensiun. Bahkan saat ini striker 37 tahun itu sudah mendapat julukan Pangeran Roma. Totti juga meraih sukses bersama Italia di Piala Dunia 2006.

11. Ryan Giggs

Ryan Giggs

Giggs merupakan salah satu pemain jebolan Class Of 92 Manchester United yang masih bermain. Musim ini, winger 40 tahun itu bertindak sebagai pemain/pelatih di bawah asuhan David Moyes. Giggs sudah merebut 13 gelar Premier League dan 2 Liga Champions bersama The Red Devils.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya