Salam "Anti-Yahudi" Marak di Sepakbola Inggris

Samir Nasri (kiri)
Sumber :
VIVAbola -
Samir Nasri Putus dari Kekasih Seksinya?
Beberapa pesepakbola kondang Premier League kini tengah mendapat sorotan menyusul gerakan "anti-semit" yang mereka lakukan. Nicolas Anelka, Samir Nasri, dan Mamadou Sakho dianggap telah melakukan gestur tak terpuji.

Guyonan Erick Thohir Soal Isu Transfer Samir Nasri

Menariknya, ketiga pemain ini merupakan pilar Prancis. Anelka yang kini memperkuat West Bromwich Albion menjadi terdakwa utama. Selebrasi 'La Quenelle' Anelka saat ia mencetak gol ke gawang West Ham United terancam sanksi 5 laga.
ManCity Dapat Kabar Buruk Soal Cedera Nasri


Di Perancis, La Quenelle  dianggap sebagai gerakan untuk mengejek kaum Yahudi. Ironisnya, selebrasi itu dilakukan Anelka di markas West Ham, klub yang kini dimiliki taipan berdarah Yahudi.


Tindakan Anelka ini langsung mendapat reaksi keras dari kelompok Yahudi yang mendesak FA untuk menjatuhkan sanksi kepada sang pemain. Kubu West Brom sendiri langsung meminta konfirmasi kepada pemainnya.


"Saat latihan, Anelka ditanya oleh Direktur Teknik dan Olahraga Richard Garlick mengenai gerakan selebrasi golnya. Kami sadar gerakan Anelka telah menyinggung beberapa kalangan dan kami meminta untuk tidak mengulanginya lagi," tulis pernyataan resmi West Bromwich dilansir Daily Star.


Tak hanya Anelka, mantan gelandang lincah Arsenal, Samir Nasri, juga tersandung masalah yang sama. Pemain yang kini membela Manchester City ini berkilah bahwa gestur ala Nazi itu dilakukan tidak untuk menyerang orang Yahudi. Namun ia meminta maaf jika gerakan itu ternyata menyinggung banyak pihak.


"Gambar itu saya unggah lebih dari dua bulan silam sebagai simbol perlawanan terhadap sistem. Itu bukan untuk anti-semit atau melawan orang Yahudi. Saya minta maaf jika hal itu menyakiti banyak orang," kata Nasri.


Selain Anelka dan Nasri, bek Liverpool Mamadou Sakho juga menghadapi kasus serupa. Sakho juga berkilah gerakan itu untuk menyerang kaum Yahudi. "Foto ini diambil enam bulan lalu. Saya tidak tahu arti dari gestur itu. saya ditipu," kata Sakho. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya