Fandi Eko Utomo dan Medali Emas SEA Games 1991

Pemain Madura United, Fandi Eko Utomo
Sumber :
  • Marco Tampubolon/VIVAbola
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Strker Timnas U-23, Fandi Eko Utomo, punya ambisi besar mempersembahkan emas bagi Indonesia di SEA Games 2013. Pemain Persebaya Surabaya itu ingin melanjutkan kesuksesan sang ayah, Yusuf Ekodono.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Yusuf merupakan pemain yang ikut mengantar Indonesia meraih emas pada SEA Games Filipin, 1991. Ini merupakan keping emas terakhir yang mampu didulang oleh tim Garuda di pentas olahraga se Asia Tenggara tersebut.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


"Ya, saya ingin melanjutkan kesuksesan bapak. Semoga bisa mengantar Indonesia mendapat emas pada SEA Games ini," kata Fandi saat ditemui di sela-sela waktu istirahat di Hotel Sky Palace, Nay Pyi Taw, Myanmar.


Menurut Fandi, ayahnya merupakan sosok yang sangat berpengaruh terhadap perjalanan karirnya di lapangan hijau. Sejak kecil, Fandi sudah bercita-cita menjadi pemain sepakbola setelah melihat kesuksesan Yusuf.


Bukan hanya Fandi, dua adiknya juga memilih jalur sepakbola. Mereka adalah Wahyu Suwoseto dan Rovaldo Troy. Bahkan Wahyu mewarisi karakter bermain Yusuf. "Ayah mainnya tenang, sangat tenang sekali. Tendangannya juga akurat," beber pemain yang pernah memperkuat Persela Lamongan itu.


"Sejak kecil ayah selalu cerita mengenai kesuksesan mereka meraih emas SEA Games 2011 dan berharap saya bisa menyamainya," sambung Fandi.


Tak hanya bercerita pengalaman saja, Yusuf juga ikut terjun langsung dalam meningkatkan kualitas bermain ketiga anaknya. Tak jarang, Fandi dan kedu adiknya diajak berlatih bersama saat mereka pulang kampung.


Sejak kecil, Fandi juga sudah dikenalkan dengan sepakbola. Dia sering diajak menyaksikan pertandingan ayahnya di lapangan. Bahkan saat kembali dari luar negeri, Yusuf membawakan sepatu bole sebagai oleh-oleh. "Sepatu bola pertama saya dibelikan ayah dari luar negeri. Sekarang sepatunya sudah nggak bisa dipakai lagi," beber Fandi


Kesempatan Fandi untuk menyamai rekor ayahnya kini terbuka lebar. Namun itu meraih emas, Fandi bersama Garuda Muda masih harus melewati dua rintangan lagi yakni, semifinal dan final. Di semifinal, Garuda Muda akan berhadapan dengan Malaysia di Zayer Thiri Stadium, Nay Pyi Taw, Kamis, 19 Desember 2013.


"Biasanya sebelum bertanding ayah menelepon untuk memberi motivasi. Tapi sekarang susah karena komunikasi yang sulit," beber Fandi.    


Biodata Singkat:
Nama    : Fandi Eko Utomo

Lahir   : 2 Maret 1991

Tinggi    : 170 cm

Posisi  : Striker

Klub    : - Surabaya Muda (2012)

          - Persela Lamongan (2013)

          - Persebaya Surabaya (2013)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya