"Jepang Bakal Pamer Kekuatan di Grup Berat Piala Dunia"

Pemain tim nasional Jepang
Sumber :
  • REUTERS/Francois Lenoir
VIVAbola
Imbangi Jepang, Singapura Pede Hadapi Arsenal
- Status
underdog
Ditahan Singapura di Kandang, Pemain Jepang Dicemooh Fans
yang dipegang Jepang jelang Piala Dunia 2014 tak membuat mereka minder. Pelatih Alberto Zaccheroni yakin tim "Samurai Biru" akan menunjukkan diri sebagai tim terkuat di Asia.
Chelsea Bidik Gelandang Muda Timnas Jepang

Usai pengundian grup, Jepang masuk di Grup C bersama Kolombia (peringkat 4 dunia), Yunani (peringkat 12) dan Pantai Gading (17). Jika menilik dari kualitas, tentu wakil Asia tersebut tidak begitu diunggulkan.


Namun, Zaccheroni merasa Brasil akan menjadi tempat yang tepat untuk menunjukkan kualitas Jepang sebenarnya.


"Piala Dunia diisi oleh banyak tim kuat yang sudah menunjukkan bagaimana bagusnya mereka. Jadi sekarang giliran kami untuk menunjukkan kekuatan kepada semua orang," ujar Zaccheroni di situs FIFA.


"Sebagai pelatih, saya selalu menargetkan menang. Tentu saja, saya bisa mengatakan itu karena punya pengalaman untuk memahami hal-hal seperti ini," lanjut pria asal Italia tersebut.


Di bawah asuhan Zaccheroni, Jepang tampil cukup mengejutkan. Mengalahkan Argentina yang diperkuat Lionel Messi 1-0 pada 2010, mengalahkan Prancis 1-0 pada 2012, dan unggulan Piala Dunia, Belgia, dengan skor 3-2, bulan lalu.


Keisuke Honda cs juga berhasil mencatatkan rekor menjadi tim yang menang Piala Asia sebanyak empat kali pada Januari 2011, dan menyulitkan Italia pada Piala Konfederasi meski akhirnya menelan tiga kekalahan di fase grup.


"Selama 3,5 tahun terakhir, kami berkembang pesat (melawan tim kuat). Kadang kami tampil bagus, bahkan sangat bagus. Tapi, kadang kami juga tampil terlalu malu saat melawan tim kuat," lanjut eks pelatih AC Milan tersebut.


"Namun, belakangan itu tidak terjadi lagi. Mereka mampu menunjukkan rasa percaya diri tinggi," imbuh pelatih yang akrab disapa Mr Zac tersebut.


Kiprah Jepang di Piala Dunia cukup baik. Sejak lolos pertama kali pada 1998, "Samurai Biru" selalu lolos ke putaran final dan dua kali lolos ke babak 16 besar, yaitu saat jadi tuan rumah pada 2002 dan di Afrika Selatan 2010 silam. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya