VIDEO: Aksi Timnas Indonesia Kandaskan Myanmar

Timnas Indonesia U-23 merayakan kemenangan atas Myanmar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Deni Mahendra

VIVAbola - Timnas Indonesia U-23 sukses melangkah ke babak semifinal SEA Games 2013 berkat kemenangan tipis 1-0 atas tuan rumah Myanmar pada laga yang berlangsung di Stadion Thuwunna Youth Training Centre, Senin 16 Desember 2013. Gol kemenangan Indonesia dicetak bek kanan Alfin Tuasalamony.

Alfin mencetak gol kemenangan Indonesia melalui titik penalti pada menit ke-36. Tim Garuda Muda mendapat hadiah tendangan penalti setelah Alfin dilanggar kiper Myanmar, Pyae Phyo Aung. Mantan bek CS Vise itu sendiri yang akhirnya menjadi eksekutor penalti.

Lihat video kemenangan Indonesia dengan mengklik tautan ini.

Di babak kedua, Myanmar yang hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke semifinal bermain lebih agresif. Namun, usaha tuan rumah untuk menyamakan kedudukan selalu gagal. Myanmar bahkan harus bermain dengan 10 pemain setelah Ye Ling Aung diganjar kartu merah oleh wasit satu menit jelang waktu normal usai.

Indonesia akhirnya memastikan kemenangan 1-0 atas Myanmar. Tim besutan Rahmad Darmawan itu berhak mendampingi Thailand sebagai dua tim yang lolos ke semifinal dari Grup B. Indonesia dan Myanmar memang sama-sama mengoleksi poin 7, namun Bayu Gatra dan kawan-kawan unggul head-to-head atas tuan rumah.

Usai pertandingan, Alfin mempersembahkan golnya ke gawang Myanmar untuk ibu dan adik laki-lakinya. Bek yang musim depan akan memperkuat Persebaya Surabaya itu juga mengaku percaya diri menjadi eksekutor penalti.

"Saya percaya diri saat ditunjuk sebagai eksekutor. Tidak ada tekanan meski suporter tuan rumah banyak. Alhamdulillah, saya bisa cetak gol ke gawang Myanmar," ujar Alfin.

Di babak semifinal, Indonesia akan menghadapi juara Grup A yang kemungkinan besar akan menjadi milik Malaysia atau Vietnam.

Ingin baca artikel menarik lainnya? Klik tautan ini.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

(ren)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016