Apesnya ManCity dan Arsenal di Undian 16 Besar Liga Champions

Pemain Manchester City merayakan gol Alvaro Negredo
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVAbola - Apes, kata itu dirasa sangat pas untuk menggambarkan nasib dua klub Inggris, Manchester United dan Arsenal dalam undian babak 16 besar Liga Champions. Betapa tidak, keduanya dipastikan bertemu lawan-lawan kuat yaitu Barcelona serta Bayern Munich.

Malaju dari fase grup dengan menyandang status runner up, baik ManCity ataupun Arsenal harus menghadapi para juara grup. Meski sudah mempredikasi pertemuan tersebut, namun tak satu pun dari empat tim berharap duel itu benar-benar terjadi.

"Tidak, saya tidak khawatir siapa yang akan kami hadapi. Saya pikir mereka (Real Madrid atau Barcelona)  juga tidak akan senang bermain melawan kami," ujar gelandang City, Samir Nasri, sebelum undian digelar.

"Jika bisa, saya tentu akan memilih Paris Saint-Germain, Atletico Madrid atau Borussia Dortmund. Saya tak mau melawan Real Madrid atau Barcelona," lanjut pemain Prancis itu.

Duel ManCity vs Barcelona Langsung Panas

Nasri boleh menolak bersua Barcelona. Tapi, takdir berkata lain. Tim asuhan Gerardo Martino kini nyata menjadi seteru yang siap menghentikan langkah mereka usai mencatat rekor kali pertama lolos ke fase knock out kompetisi kasta tertinggi Eropa.

Duel keduanya memang masih lama digelar. Tapi, situasi langsung memanas sejenak usai drawing digelar. Baik ManCity atau Barca melempar komentar kurang sedap di telinga lawan.

ManCity dan Barcelona sama-sama mengklaim pihak seteru tak nyaman karena harus berhadapan dengan mereka.

"Saya pikir Barcelona juga mulai cemas karena akan melawan kami. Lagi pula mereka juga tidak seperti dua tahun lalu," kata pelatih ManCity, Manuel Pellegrini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Martino. "Ada enam kemungkinan lawan di babak ini dan kami kini harus menghadapi ManCity. Setiap tim harus bertanding, namun tak ada yang mau melawan Barcelona," kata Martino.

Tak meremehkan kualitas Sergio Aguero cs, namun Martino dengan tegas menyatakan bahwa timnya membidik kemenangan di setiap pertemuan melawan anak-anak asuh Pellegrini.

"ManCity tim kuat dan punya pemain-pemain bagus. Namun kami selalu membidik kemenangan. Yang penting Barcelona harus dalam kondisi terbaik ketika menghadapi mereka," sambung Martino.

Duel pertama antara kedua tim akan digelar di Etihad Stadium pada 18 Februari 2014. Sedangkan leg 2 bakal dilangsungkan pada 13 Maret.

Reuni Arsenal dan Bayern

Bagi Arsenal dan Bayern, hasil undian ini ibarat reuni. Ya, musim lalu kedua tim juga pernah bertemu di babak yang sama. Hasilnya, tim London Utara itu tersingkir, sedangkan Der Bavarian melenggang sampai ke tangga juara.

Yang menyesakkan bagi tim besutan Arsene Wenger, mereka kala itu cuma kalah perhitungan agresivitas gol dari Bayern. Pada pertemuan pertama di Emirates Stadium, Bayern menang 3-1. Sedangkan pada leg berikutnya di Allianz Arena, gantian Tim Gudang Peluru menang 2-0.

Mendapat lawan berat, Wenger selaku manajer coba bersikap bijak. Dia memaknai hasil undian itu sebagai "imbalan" atas kegagalan mereka memuncaki klasemen di babak grup.

"Ini harga yang kami bayar sebagai runner up di fase grup. Cerita akan berbeda jika Arsenal juara grup. Tapi, apapun yang terjadi, kami tetap yakin. Apalagi, menengok musim lalu, kami cuma kalah agresivitas gol," kata Wenger.

Sementara itu, pihak Bayern lewat CEO Karl-Heinz Rummenigge menyatakan tak pernah berharap bertemu Arsenal di fase ini. Dia merasa seharusnya tim asuhan Pep Guardiola berhadapan dengan tim yang lebih lemah.

"Kami rasa masih ada tim yang lebih enteng di pot runner up. Mungkin saya akan memilih Zenit St Petersburg ketimbang Arsenal," kata Rummenigge. (one)

Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan

Baca juga:

Suporter Myanmar Kepung Stadion Usai Tersingkir

Salah Pahami Aturan SEA Games Jadi Alasan Myanmar Tersingkir

Fans Myanmar Dipukul Mundur, Timnas U-23 Tinggalkan Stadion

Singkirkan Myanmar, RD: Perjuangan Belum Selesai

Kepastian Head to Head Bangkitkan Motivasi Timnas U-23

"Status Underdog Kunci Sukses Indonesia Singkirkan Myanmar"

Pahlawan Garuda Muda Persembahkan Gol Bagi Ibu dan Adiknya

Dikalahkan Indonesia, Ketua Federasi Myanmar Tinju Tembok

Manahati Dapat Kado Spesial di Ultah ke-20, Apa Itu?

VIDEO: Indonesia Kandaskan Myanmar

Pakai Korset Transparan, Gebetan Cole Tampil Mencengangkan

Yaya Toure merayakan gol Manchester City

Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam

Yaya Toure berusaha untuk berdamai dengan bos ManCity

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016