Andik No Comment, Ibo Akui Lakukan Kesalahan

Andri Ibo
Sumber :
  • Marco Tampubolon/VIVAbola
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Indonesia harus menelan kekalahan yang cukup menyakitkan dari Thailand pada lanjutan babak penyisihan Grup B SEA Games XXVII, Kamis, 12 Desember 2013. Bertanding di Stadion Youth Training Center (YTC), Yangon, Myanmar, Indonesia dipaksa menyerah dengan skor 1-4.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Hasil ini sekaligus memperpanjang hegemoni Thailand atas Indonesia di pesta olahraga se Asia Tenggara itu. Kekalahan ini juga membuat peluang Indonesia untuk melaju ke babak semifinal semakin kecil. Saat ini, Garuda Muda masih berada di urutan ketiga dengan koleksi tiga poin.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Sedangkan Thailand untuk sementara memimpin dengan enam poin. Unggul produktifitas gol tim berjuluk Gajah Putih itu menggusur tuan rumah Myanmar yang juga mengantongi enam poin dari dua pertandingan.


Para pemain tampak sangat terpukul dengan kekalahan ini. Apalagi skornya lebih buruk dibanding tim lemah Timor Leste yang hanya kalah 1-3 dari Thailand di pertandingan pertama, Sabtu, 7 Desember lalu.


Pantauan VIVAbola, para pemain berjalan gontai menuju bus pemain. Raut kekecewaan terpancar di wajah mereka. Tidak terkeculi, bek Andri Ibo, yang menjadi pencetak satu-satunya gol Indonesia ke gawang Thailand.


"Jangan sekarang ya, nanti saja," ujarnya saat 'dicegat' di mix zone.


Ibo akhirnya bersedia berkomentar sesaat sebelum menaiki bus pemain. Kepada wartawan, pemain Persidafon itu mengaku telah melakukan kesalahan yang berbuah gol kedua bagi Thailand pada menit ke-19. Gol tersebut tercipta setelah dirinya gagal menjangkau bola lambung yang mengarah ke pertahanan Indonesia. Keputusannya menyongsong bola, justru berbuah petaka. Dia tak dapat menjangkaunya. Pemain Thailand, Adisak Kraisorn langsung menyambar bola dan menaklukkan Kurnia Meiga.


"Bola itu
fifty-fifty
dan saya memutuskan untuk mengambil bola, namun tidak dapat. Itu memang salah saya," kata Ibo dengan nada lemah.


Ibo memang berhasil mencetak gol hiburan di masa injury time. Memanfaatkan umpan Alfin Tuasalamony, Ibo yang ikut maju berhasil melepaskan tembakan keras yang gagal dibendung kiper Thailand. Namun bagi Ibo, gol ini tidak cukup untuk membalas blundernya di babak I.


"Itu belum cukup untuk membayar kesalahan yang saya buat," katanya.


Penyerang Andik Vermansyah tak kalah terpukul. Pemain lincah itu juga enggan berkomentar mengenai pertandingan lawan Thailand.


Pada laga berikutnya, Indonesia akan berhadapan dengan Timor Leste, Sabtu, 14 Desember 2013. Dua hari kemudian, Indonesia akan bertemu tuan rumah Myanmar. "Insya Allah kami optimis lolos ke semifinal. Kami akan berusaha semaksimal mungkin," ujar bek timnas U-23, Manahati Lestusen. 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya