Pilih Tim Anda
Daftar

Timnas Futsal Indonesia Ingin Tampil di Final SEA Games 2013

Indonesia berpeluang besar lolos grup.
Jum'at, 6 Desember 2013, 04:08 WIB
Satria Permana, Rejdo Prahananda
Timnas Futsal Indonesia ingin tampil di partai final SEA Games 2013 (VIVAnews/ Ali Usman)
VIVAbola - Timnas Futsal Indonesia memasang target mencapai final dalam gelaran multievent SEA Games 2013 di Myanmar. Menurut sang pelatih, Andri Irawan, target tersebut sudah realistis melihat lawan yang dihadapi Indonesia.

Andri menjelaskan, persiapan menghadapi SEA Games telah dilakukan sejak Januari 2013. Setelah menjalani rangkaian proses seleksi dan pemusatan latihan, terpilih 14 pemain yang akan diberangkatkan ke Myanmar. 

Pada SEA Games 2013 ini, Indonesia tergabung di grup A bersama tuan rumah Myanmar dan Malaysia. Menurut sang pelatih, Tim Merah Putih tergabung di grup sulit. "Sejauh ini, Malaysia belum pernah bertemu, tapi mereka tetap tim kuat bersama Thailand dan Vietnam. Di atas kertas, Myanmar memang di bawah kami, namun mereka berstatus tuan rumah dan terus melakukan perubahan permainan," ujar Andri.

"Target dari kami sebagai tim masuk final. Target dari BFN (Badan Futsal Nasional) dan PSSI adalah emas. Namun kami tetap realistis, peluang untuk mencapai target, 50-50," ujar  Andri.

Pada SEA Games 2011, tim futsal Indonesia sukses meraih medali perunggu. Meski target yang dipasang lebih tinggi pada SEA Games 2013, Andri merasa tidak terbebani. "Justru, buat saya itu menjadi suatu tantangan,"  katanya. 

Selama masa persiapan jelang SEA Games, timnas futsal Indonesia tidak hanya sekadar pemusatan latihan, tetapi juga tampil di ajang  AFF Futsal Championship di Thailand, April 2013 lalu. Pada kejuaraan ini, Tim Merah Putih menempati peringkat tiga. 

Sebelum tampil di SEA Games,  timnas futsal Indonesia juga tampil di Asian Indoor & Martial Arts Games 2013 di Incheon, Korea Selatan. Sayang, di gelaran multievent ini,  Indonesia hanya mampu mencapai babak penyisihan grup. "Dua turnamen itu kami jadikan pertandingan uji coba sebelum tampil di SEA Games. Dengan materi pemain muda, kami membutuhkan jam terbang."

Timnas futsal Indonesia akan bertolak ke Myanmar, Jumat 6 Desember 2013 besok. Sebelum berangkat, mereka dilepas oleh Badan Futsal Nasional (BFN) dan PSSI, di kantor PSSI, Kamis 5 Desember 2013 malam.  

Wakil Komite Futsal PSSI, Tony Apriliani meminta kepada seluruh pemain menjaga azas fair-play serta mengharumkan nama bangsa. "Jaga kekompakan serta persahabatan. Perlihatkan kemampuan terbaik," pesan Tony. 


© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar. 
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id