Timnas U-23 Minim Striker, RD Punya Solusi

Timnas U-23 vs Laos di MNC Cup
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi

VIVAbola - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan, sudah menyiapkan langkah antisipasi seandainya dua striker yang dibawa ke SEA Games 2013 mengalami cedera. RD mengaku punya beberapa pemain yang memungkinkan untuk diplot menggantikan posisi kedua pemain itu.

RD memang hanya membawa dua striker murni ke Myanmar. Mereka adalah Yandi Sofyan dan Fandi Eko Utomo. Berbeda dengan skuad pada SEA Games dua tahun lalu, kali ini RD memilih untuk menumpuk gelandang.

Ada alasan kuat mengapa RD memutuskan hanya membawa dua striker. Pertama, tentu saja berkaitan dengan kebutuhan tim di mana mantan pelatih Persipura Jayapura itu kerap menggunakan formasi 4-2-3-1 yang memang membutuhkan banyak pemain gelandang. Selain itu, RD juga menganggap kedua strikernya itu punya keunikan sendiri.

"Yandi seorang striker yang punya skill komplet, dribling bagus, shoot kaki kiri dan kanan sama kuat, heading bagus, postur ideal. Sekarang tinggal dimatangkan di banyak laga, dan dia tak boleh cepat puas," kata RD, Rabu 4 Desember 2013.

"Fandi (Eko Utomo) pemain yang mau belajar, belajar dan terus belajar. Selama ini, dia salah satu pemain yang perkembangannya paling menonjol," beber mantan pelatih Sriwijaya FC tersebut.

Meski demikian, RD juga sudah mempersiapkan kandidat pemain yang akan diplot sebagai striker seandainya Fandi dan Eko cedera. Salah satunya adalah Yohannes Ferinando Pahabol. Pemain Persipura yang biasa bermain di sektor sayap itu bisa digeser lebih ke depan.

"Saya menyiapkan Pahabol menjadi striker. Itu bila kondisi diperlukan ketika Yandi atau Fandi cedera," ungkap RD.

Pemain lain yang disiapkan RD adalah Dendi Santoso. Menurut RD, selama ini, pemain Arema Indonesia itu kerap bermain sebagai second striker.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Tapi, dia juga bisa sebagai gelandang serang. Saya rasa komposisi di lini depan tak ada masalah, tinggal dimaksimalkan saja," kata RD.

Timnas U-23 akan bertolak ke Myanmar, Kamis 5 Desember 2013. Pasukan Rahmad Darmawan akan mewakili Indonesia pada ajang SEA Games 2013 yang akan digelar mulai 7-21 Desember mendatang.

Di babak penyisihan, Indonesia berada di Grup B bersama Myanmar, Timor Leste, Thailand dan Kamboja. Sebelum bertolak meninggalkan Jakarta, Egi Melgiansyah dan kawan-kawan menjalani latihan terakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, pagi tadi, Rabu, 4 Desember 2013. (one)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016