Reuni Moyes Jadi Pijakan MU Melompat ke 4 Besar

Pelatih MU, David Moyes, berada di depan pelatih Chelsea, Jose Mourinho
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble

VIVAbola - Juara bertahan Premier League, Manchester United (MU), harus berjibaku untuk menembus 4 besar klasemen Premier League. Everton dan Newcastle United siap menjegal MU guna memenuhi target tersebut.

Dari klasemen Premier League, Everton menempati peringkat 5, mengemas 24 poin. Sedangkan, Newcastle duduk di posisi 6, mengemas 23 poin. MU berada di bawah dua tim tersebut. Sejauh ini, MU baru menempati peringkat 8 dengan 22 poin. Dengan asumsi sukses mengalahkan dua tim itu, MU bisa melompat ke 4 besar dengan 28 poin.

Kilas balik ke belakang, The Red Devils memang butuh dua kemenangan untuk kembali menembus papan atas. Dua partai terakhir MU di liga domestik berakhir dengan hasil imbang.

Rekor Buruk Mourinho di MU

Melawan tim promosi Cardiff City, Setan Merah bermain imbang 2-2. Hasil tersebut berlanjut saat menghadapi Tottenham Hotspur dengan skor serupa, akhir pekan kemarin.

Misi MU untuk kembali ke tren positif dimulai saat menghadapi Everton, Rabu 4 Desember 2013 (Kamis dinihari WIB). Laga kontra The Toffees menjadi ajang kebangkitan bagi MU untuk memperbaiki posisi.

Dari 12 partai di semua ajang kompetisi, MU memang tak terkalahkan. Namun, perlu dicatat, tidak semua pertandingan berakhir dengan kemenangan. Hasil imbang ternyata ikut menjangkiti tim.

Rapor ini disesali oleh pemain bertahan MU, Chris Smalling. Raihan poin satu yang didapat MU, menurut Smalling, bakal mempersulit laju mempersempit jarak poin dengan Arsenal sebagai pemuncak klasemen.

"Kami tak ingin melihat Arsenal melaju terlalu jauh. Tapi, kami hanya bisa fokus pada diri sendiri dan meraih poin maksimal. Tak terkalahkan adalah hal bagus, tapi kami tak boleh terlalu sering meraih hasil imbang," ujar Smalling.

Reuni David Moyes

Menghadapi Everton, jelas menjadi momen istimewa bagi manajer MU, David Moyes. Ini menjadi musim pertama pelatih asal Skotlandia itu menghadapi bekas klub yang telah ditangani selama 11 tahun.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Sebaliknya, pelatih baru Everton, Roberto Martinez, menegaskan tidak terbebani dengan nama besar Moyes di Everton. Bagi mantan pelatih Wigan Athletic itu, memikirkan nama besar Moyes di Everton hanya membuang-buang waktu. Pelatih asal Spanyol itu fokus memberikan sentuhan terbaik baik Everton musim ini.

"Dari sudut pandang pribadi, saya selalu melihat tim ini semakin kuat. Dalam lima bulan terakhir, kami telah menunjukkan konsistensi," ucap Martinez dikutip dari Daily Mail.

"Kami harus melakukan yang terbaik dari dalam diri sendiri. Tidak perlu membandingkan kinerja yang dilakukan orang lain," kata Martinez.

Di lain pihak, Moyes lebih menekankan pentingnya kemenangan untuk memperbaiki posisi di puncak klasemen. Menurut pelatih asal Skotlandia itu, MU terlalu banyak kehilangan poin yang mempengaruhi pencapaian di klasemen.

Tertinggal 9 poin dari pemuncak klasemen, Arsenal, menimbulkan keprihatinan dalam diri Moyes. Terlebih, pencapaian terbaik MU sepanjang musim ini di Premier League baru mencapai peringkat 5 klasemen.

Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus

"Musim ini masih sangat panjang. Saya kira, kami mampu menciptakan ruang untuk memperbaiki hasil negatif dan terus membuat kemajuan."

"Semoga saja, secepatnya kami mampu mencapai target itu. Ada banyak pertandingan, dan itu menjadi kesempatan kami untuk bisa kembali ke papan atas," tegas pelatih 50 tahun itu.

Jarak Tipis

Upaya MU untuk meraih target 4 besar belum sepenuhnya bisa diwujudkan bila sukses mengalahkan Everton dan Newcastle United. Tipisnya jarak poin rival MU ternyata belum membuat langkah menembus papan atas klasemen berjalan mulus.  Ancaman masih datang dari musuh abadi mereka, Liverpool.


Masih di waktu yang bersamaan, Rabu 4 Desember 2013 (Kamis dinihari WIB), Liverpool yang duduk di peringkat 4 akan menghadapi tim papan bawah, Norwich City. The Anfield Gank saat ini mengemas 24 poin. Jika sanggup mengatasi Norwich, Liverpool akan mengantongi 27 poin.

Tim besutan Brendan Rodgers itu pun bisa memetik 30 poin bila di partai selanjutnya bisa mengalahkan West Ham United, Sabtu 7 Desember 2013.

Begitu pun dengan rival terberat MU lainnya, Manchester City (ManCity). Perolehan poin ManCity bisa terus meningkat menjadi 28 poin, andai tim besutan Manuel Pellegrini itu mampu mengalahkan West Bromwich di waktu bersamaan.

Melihat kemungkinan tersebut, Moyes pun meminta timnya tampil habis-habisan saat menghadapi Everton dan Newcastle. Hanya dengan kemenangan, MU bisa memelihara asa menembus 4 besar klasemen.

"Bila mampu melakukannya, kami bisa berada dalam persaingan juara. Itulah rencana kami. Sekarang, kami harus membuat perhitungan," ujar Moyes. (one)

Baca juga:

Rayakan Gol, Suporter Cantik Brasil Umbar Dada

Unggah Foto Seksi, WAGs Ini Bikin Cemburu

"Bale Sudah Kalahkan Neymar"

Ronaldinho: Ronaldo Marah Hidup Sezaman dengan Messi

Ronaldo Menangkan Ballon d'Or Versi Brasil

Ronaldo: Messi Bakal Memenangi Ballon d'Or Lagi Tahun Ini

Timnas U-23 Minim Striker, RD Punya Solusi

Sebelum ke Myanmar, Ini Pesan RD Kepada Pemainnya

Striker Timnas U-23 Ini Selalu Dapat Masukan dari Sang Kakak

Misi Khusus Dua Punggawa Timnas U-23 di SEA Games 2013

Musim Depan Nama Arema Indonesia Akan Diganti

10 Fakta Menarik Seputar Timnas U-23 Proyeksi SEA Games 2013

Mourinho: MU dan Spurs Masih Bisa Juara, ManCity?

Barca Tawarkan Messi ke Madrid dengan Harga Rp2,25 Triliun

Sadis, 27 Pelatih Liga Inggris Dipecat dalam 7 Hari

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya