Kalah Beruntun, Barcelona dalam Krisis?

Pelatih Barcelona, Gerardo Martino
Sumber :
  • REUTERS/Russell Cheyne

VIVAbola - Barcelona harus mengalami kekalahan pertama di La Liga musim ini. Blaugrana takluk 0-1 dari Athletic Bilbao di San Mames, akhir pekan lalu. Gol tunggal Iker Muniain di menit 70 membuat Barcelona harus pulang tertunduk.

Kekalahan ini menjadi sinyal bahaya bagi Barca. Pasalnya, ini adalah kekalahan kedua beruntun yang dialami Alzugrana. Sebelumnya, mereka takluk 1-2 dari Ajax Amsterdam di ajang Liga Champions, pertengahan pekan lalu.

"Tim ini tidak terbiasa berada dalam situasi ini (mengalami kekalahan). Barcelona tidak biasanya kalah dalam dua pertandingan. Kami datang ke sini untuk melupakan hasil di Amsterdam," kata pelatih Barca, Gerardo Martino.

Dua kekalahan hanya dalam beberapa hari membuat Martino heran. Apalagi, saat menghadapi Bilbao, Martino menilai timnya bermain sangat bagus. Bahkan, dia tanpa ragu mengatakan laga tersebut adalah salah satu laga terbaik timya musim ini.

"Jika saya berbicara mengenai 70 menit pertama, saya harus katakan Barcelona bermain baik. Saya pikir penampilan di babak pertama adalah salah satu yang terbaik di La Liga musim ini," ungkap pelatih berusia 51 tahun itu.

"Saya pikir setelah gol Athletic segalanya berubah. Kami punya banyak momen bagus saat menguasai bola, tapi kami tidak membuat umpan terakhir dan itu hal aneh bagi tim ini. Saya pikir, sungguh memalukan kami gagal meraup poin ketika pemain pantas meraih hasil lebih."

Gelandang Barca, Andres Iniesta, juga menilai timnya harus tampil lebih efisien di depan gawang lawan jika ingin mempertahankan gelar La Liga musim ini. "Kami terus mengontrol pertandingan. Tapi, gol lawan sangat mengejutkan kami. Kami berusaha bangkit, tapi gagal."

Meski kalah, Barcelona masih memimpin klasemen sementara La Liga dengan torehan 40 poin dari 15 pertandingan. Hanya saja, kini perolehan poin Barca disamai rivalnya, Atletico Madrid. Barca berhak berada di puncak karena unggul produktifitas gol.

Atas dasar itulah, Bek Barca, Javier Mascherano, meminta rekan-rekannya tetap tenang menyikapi kekalahan pertama mereka. "Menyakitkan kalau kalah. Tidak ada seorang pun yang suka kalah. Tapi, mari lupakan itu, kami masih tetap memimpin."

Mascherano pun meminta rekan-rekannya bangkit dan menyapu bersih laga tersisa akhir tahun ini. "Kami harus memenangi pertandingan tersisa tahun ini. Dimulai dengan melawan Cartagena dan Villarreal," lanjutnya.

Barcelona akan melakoni lima pertandingan sisa di penghujung 2013. Yaitu dengan dua kali menghadapi Cartagena di Copa del Rey (7 dan 18 Desember), melawan Glasgow Celtic di Liga Champions (12 Desember), Villarreal di La Liga (15 Desember) dan Getafe (22 Desember). 

Isyarat Butuh Pemain Baru?

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Dua kekalahan beruntun kurang dalam sepekan menjadi isyarat Barcelona harus aktif dalam bursa transfer Januari mendatang. Khususnya untuk memperkuat lini belakang yang tampak kepayahan setiap menghadapi lawan yang bermain agresif.

Tidak hanya itu, cedera yang menimpa sejumlah pemain kunci juga menjadi alasan Barca tampil kurang menggigit dan harus mencari 'darah segar', Januari nanti. Saat menghadapi Bilbao, Barca tidak diperkuat Carles Puyol, Dani Alves dan Jordi Alba.

Absennya kiper utama Victor Valdes juga menjadi masalah lain. Barcelona harus segera mencari pengganti Valdes yang absen hingga tahun depan karena cedera dan sudah menyatakan bakal meninggalkan Camp Nou akhir musim ini.

Baca juga:

Kalahkan Barcelona, ManCity Dapatkan "Messi Baru"

Kostum Kontroversial Bikin Barcelona Ketiban Sial?

Ancelotti: Kalau Barca Jual Messi, Suruh Mereka Telepon Kami

Messi Jalani Proses Pemulihan di Argentina

Sukses di Las Vegas, Eks Pemain Madrid Gaet Bintang Porno

Ronaldo "Bantu" Kekasihnya Sabet Penghargaan Wanita Terseksi

Usai Hattrick, Bale Pamer Bola "Keberuntungan" di Instagram

CR7: Blatter Minta Maaf? Saya Tak Punya Telepon Selular

LFP Award: Ronaldo Sabet MVP, Messi Pemain Terbaik

Zidane Takut Bale Lebih Hebat di Madrid

Kembali Bersinarnya "Si Anak Emas" AC Milan

Persipura Resmi Gaet 4 Pemain Baru

Tibo Ungkap Alasan Kembali Perkuat Persipura

Persib Seleksi 2 Legiun Asing Saat Jajal DC United






Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016