Para Pesepakbola Tua Pencetak Rekor

Pemain MU, Ryan Giggs
Sumber :
VIVAbola -
Rekor Buruk Mourinho di MU
Usia terbukti tak menjadi penghalang untuk menorehkan prestasi. Beberapa pemain masih menunjukkan semangat muda saat usia sudah di atas 40. Mereka masih sanggup tampil apik bersama klubnya.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Bukti teranyar ditunjukkan winger Manchester United, Ryan Giggs. Jumat, 29 November 2013 lalu, dia sudah memasuki usia 40. Namun, semangat muda masih ditunjukkan pemain asal Wales ini.
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus


Namun, ternyata Giggs bukanlah pemain tertua di Premier League musim ini. Pemain tertua tercatat atas striker Crystal Palace, Kevin Phillips. Dia sudah memasuki usia 40 pada bulan Juli 2013.

Ternyata bukan hanya Giggs dan Phillips pemain yang bersinar dalam usia yang sudah senja. Berikut 4 di antaranya seperti dikutip Dirty Tackle:


1. John Burridge (Manchester City)


Memang bukan hal yang aneh bagi seorang kiper tampil hingga usia 40-an. Namun ternyata Burridge memegang rekor sebagai pemain tertua di era Premier League. Rekor tercipta pada 14 Mei 1995 saat membela Manchester City melawan Queens Park Rangers. Saat itu Burridge menginjak usia 43 tahun dan 162 hari.


Burridge akhirnya mengakhiri kariernya bersama  Blyth Spartans pada 1997 sebagai player-manager. Total, dia membela 15 klub Football League (Divisi di bawah Premier League), yang tercatat sebagai rekor.


2. Kazu Miura (Yokohama FC)


Awal bulan ini, Miura mencatat rekor sebagai pencetak gol tertua di Divisi II Liga Jepang. Pemain 46 tahun ini telah pensiun dari sepakbola internasional pada 2000, dengan 55 gol dalam 89 pertandingan bersama Jepang.


Namun, masa bakti pemain berjuluk "King Kazu" ini rupanya masih panjang. Dia memutuskan membela Jepang di Piala Dunia Futsal 2012. "Umur bukanlah masalah bagi saya. Saya tak pernah memikirkan itu. Saya masih ingin terus bermain untuk waktu yang lama," kata Miura pada situs resmi FIFA.


3. Stanley Matthews (Stoke City/Blackpool)


Ryan Giggs rupanya belum ada apa-apanya dibandingkan Sir Stanley Matthews. Dia memulai karier profesionalnya pada 1932 bersama Stoke City. Sempat membela Blackpool, Matthews akhirnya pensiun bersama Stoke pada 1965. Saat itu usianya sudah menginjak 50 tahun dan tercatat sebagai pemain tertua di kasta tertinggi Liga Inggris.


Saat bergabung dengan Blackpool pada 1947, visi bermainnya mendapat pujian dari sang manajer, Joe Smith. "Kamu 32 tahun, apakah kamu berpikir bisa bermain beberapa tahun lagi? Saya rasa jawabannya adalah ya," kata Smith.


4. 
Boyko Borisov (Vitosha Bistritsa)


Tak ada kata terlambat untuk mewujudkan impian. Boyko Borisov tercatat sebagai pesepakbola profesional tertua di Bulgaria saat bermain di usia 54.

Mantan Perdana Menteri Bulgaria, Boyko Borisov

Sebelumnya, Borisov merupakan Perdana Menteri Bulgaria. Dia lalu mengundurkan diri dan memperkuat tim amatir Divisi III, Vitosha Bistritsa. Bistritsa akhirnya promosi ke Divisi II profesional dan Borisov sanggup mencatatkan rekor.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya