Indonesia Dipastikan Tidak Dapat Jatah ke Liga Champions Asia

Pemain Persipura Jayapura saat meraih trofi juara ISL 2013
Sumber :
  • Ligaindonesia.co.id
VIVAbola
Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
- Indonesia dipastikan tidak mendapatkan jatah ke Liga Champions Asia musim depan. Padahal, Singapura dan Vietnam kali ini diberi kesempatan lolos lewat babak playoff.

Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura

Keputusan ini dibuat usai rapat Komite Eksekutif Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) pada Selasa kemarin, 26 November 2013, di Kuala Lumpur. Liga-liga besar macam milik Jepang, Korea Selatan, Iran dan Arab Saudi mendapat jatah empat tiket langsung ke babak utama.
Dramatis, 10 Pemain Persipura Tekuk Tuan Rumah BSU


Dari regional Asia Tenggara, tercatat hanya tiga negara yang mendapatkan kesempatan tampil di LCA musim 2014 yaitu Thailand, Vietnam, dan Singapura. Dua negara terakhir sebenarnya belum masuk poin kriteria AFC (>600), namun perkembangan sepakbola di kompetisi lokal dinilai pantas dapat jatah.

Thailand mendapatkan jatah tertinggi dengan satu tim langsung lolos ke babak utama. Dua klub lagi mendapatkan tempat di babak playoff.

Sedangkan Vietnam dan Singapura sama-sama mendapatkan satu tempat di babak playoff. Indonesia harus puas mendapatkan dua tiket ke AFC Cup musim 2014.


Indonesia kali terakhir punya peluang lolos ke Liga Champions Asia pada 2012. Sayangnya, saat itu, Persipura Jayapura gagal melewati hadangan Adelaide United ketika kalah 0-3 di kandang lawan. Arema jadi klub terakhir yang tampil di babak utama LCA pada 2011.


Selain menetapkan jatah ke LCA, AFC juga menetapkan akan tetap menggunakan sistem kandang-tandang pada laga final selama tiga tahun ke depan. Selain itu, kompetisi dibagi dua zona, barat dan timur.


Klub dari Asia Barat dinilai sering kesulitan menghadapi Asia Timur. Karena itu pertemuan antara kedua zona baru terjadi pada putaran semifinal. Perubahan ini merupakan upaya reformasi dari Presiden AFC agar klub juara tak berasal dari Asia Timur saja.


"Ini bagian dari reformasi yang kita bicarakan, perubahan yang ingin kami ciptakan," ujar Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, pada situs FIFA.


"Semoga saat 2015 datang, kami bisa melihat ke belakang dan mengatakan telah membuat perubahan. Perubahan menuju yang lebih baik," lanjut pria asal Bahrain itu.


Jatah Pembagian Tiket ke Liga Champions Asia 2014:
Zona Timur

Japan – 4

Korea Republic –4

China -3+1

Australia        -2+1

Thailand         -1+2

Singapore        -0+1

Hong Kong -0+1

Vietnam-0+1

 

Zona Barat

Iran         -4

Saudi Arabia-4

UAE        -3+1

Qatar        -2+2

Uzbekistan        -1+2

India        -0+1 (India akan bermain di zona timur)

Jordan-0+1

Oman-0+1

Bahrain-0+1

Iraq        -0+1

Kuwait-0+1  (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya