Pertarungan Hidup Mati Jawara Italia di Ranah Eropa

Pemain Juventus
Sumber :
  • REUTERS/Stefano Rellandini
VIVAbola
Rekor Buruk Mourinho di MU
- Fase grup Liga Champions mulai memasuki masa-masa krusial. Sejumlah klub besar terancam terdepak dari persaingan jadi kampiun Eropa. Tak terkecuali, sang juara bertahan Serie A, Juventus.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Ya, Bianconeri menjadi satu-satunya klub besar yang terancam tersingkir pada babak awal Liga Champions musim 2013-14. Tim asuhan Antonio Conte itu masih belum mencatatkan kemenangan dan tergolek di posisi buncit Grup B.
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus


Gagal menang atas Copenhagen (1-1) pada partai pembuka, hanya dapat satu poin setelah hanya bermain imbang 2-2 dengan Galatasaray. Lalu kalah (2-1) di Santiago Bernabeu, sebelum menahan imbang Real Madrid (2-2) di markas sendiri.

Dengan mengemas tiga poin, langkah Juventus memang belum praktis tertutup. Mereka hanya berjarak satu poin dari Copenhagen dan Galatasaray yang berada di atasnya.

Jika bisa menang atas sang wakil Denmark pada matchday kelima hari Rabu malam, 27 November 2013 atau Kamis dini hari WIB, Juve bisa terlecut ke peringkat dua klasemen dan membuka peluang lolos ke babak selanjutnya.

Conte pun sadar betul laga kontra Copenhagen besok sangat krusial dan sulit. "Kami harus menang dengan cara apapun jika ingin tetap melanjutkan perjalanan di Liga Champions tahun ini," ujarnya.

Meski tekanan besar berada di pundaknya, Conte menyatakan dirinya santai mengharapi laga penting nanti. Pasalnya, ia punya pasukan yang sudah biasa menghadapi situasi serupa dalam hampir dua setengah tahun terakhir.

"Mereka sudah biasa menghadapi pertandingan besar yang penuh tekanan luar biasa dan tanggung jawab. Besok salah satunya. Kami harus bermain bagus dan pintar, dan kami harus menang," lanjut Conte.


Juve kemungkinan besar akan menurunkan Fernando Llorente dan Carlos Tevez pada lini depan. Sedangkan, Leonardo Bonucci dan Angelo Ogbonna sudah bisa kembali memperkuat lini belakang "Sang Nyonya Tua".


Jika pemain-pemain Juventus sudah bisa kembali tampil, Copenhagen malah harus kehilangan Daniel Braaten yang mengalami cedera paha saat tampil di Superliga akhir pekan kemarin.


"Jelas ini membuat frustrasi, Daniel sudah tampil luar biasa di Liga Champions," ujar pelatih Copenhagen, Stale Solbakken, yang sadar betul atas kerugian itu.


Hadangan Galatasaray


Juventus tidak hanya berharap kemenangan muncul di Juventus Stadium saja, wakil Italia itu juga pasti berharap Madrid bisa mendulang hasil maksimal saat menjamu Galatasaray.


Raksasa Turki tersebut jadi salah satu rival besar Juve dalam perebutan tiket terakhir dari Grup B. Kedua tim hanya berbeda tipis dan punya peluang untuk saling menyalip di papan klasemen. Jika sampai kalah dan Galatasaray menang, pupus sudah harapan Juve untuk lolos.


Sedangkan buat Galatasaray, tentu El Real bukan lawan yang diinginkan dalam momen penting seperti ini. Namun, Roberto Mancini yakin timnya masih punya peluang untuk melawan sampai matchday terakhir melawan Juventus bulan depan.


"Tidak pernah mudah di Liga Champions terutama di grup sulit seperti ini. Namun, saya yakin kami masih bisa lolos. Kami berharap hasil bagus melawan Real Madrid, lalu main habis-habisan di kandang lawan Juventus (10 Desember)," tutur Mancio optimistis.


Keinginan Galatasaray untuk setidaknya mencuri poin di Bernabeu mendapatkan secercah harapan. Pasalnya, mesin gol musuh, Cristiano Ronaldo, dipastikan absen karena cedera.


Namun, bukan berarti Madrid akan menurun kualitasnya. Jagoan asal Spanyol itu pasti akan main habis-habisan untuk memastikan satu tempat di 16 besar walaupun tanpa CR7. Dengan poin 10 saat ini, Madrid hanya butuh hasil imbang untuk lolos.


Keinginan untuk memuncaki papan klasemen dan lolos secepat mungkin pun sudah tertanam dalam pikiran pemain Madrid. "Hal itu sangat penting untuk kami," tegas Marcelo.


Apalagi sang entrenador, Carlo Ancelotti, tetap mengusung target merebut tiga poin. Walaupun mengingatkan laga nanti tidak akan semudah pertemuan pertama di Istanbul, dimana Madrid menang 6-1 kala itu.


"Ada dua partai sisa dan kami ingin memenangkannya. Besok akan jadi pertandingan yang intens. Galatasaray asuhan Mancini lebih seimbang. Mereka punya kualitas di sisi penyerangan dan bertahan," tutur Ancelotti.


Sementara berbicara soal absennya Ronaldo, Don Carlo menyatakan sudah punya pemain yang fit untuk gantikan topskorernya tersebut yaitu Angel Di Maria dan Jese Rodriguez. Luka Modric juga dipastikan absen karena akumulasi kartu.


MU Mengintip Peluang


Saat juara Italia dibuat susah payah lolos dari Grup B, hal serupa juga dirasakan sang juara Premier League, Manchester United. Tim asuhan David Moyes itu harus melewati tes berat di laga kelima Grup A.


MU akan menghadapi Bayer Leverkusen di BayArena. Meski mengantungi kemenangan 4-2 pada pertemuan pertama, "Setan Merah" bukan berarti bisa menang mudah atas wakil Jerman tersebut.


Sejak kalah di Old Trafford, Leverkusen tidak pernah kalah di Eropa dan tak pernah terkalahkan sejak Maret di Bundesliga. Tim besutan Samy Hippia itu hanya berjarak satu poin dari MU, dan bertengger di peringkat dua kompetisi lokal.


Meski timnya saat ini mencatatkan 10 pertandingan tanpa kekalahan di semua kompetisi, Moyes sadar betul ancaman Leverkusen yang bisa membuat MU gagal lolos ke 16 besar lebih cepat.


"Pertandingan ini jadi semakin sulit karena Leverkusen dalam performa yang luar biasa. Ini laga tandang terakhir kami dan Leverkusen sedang dalam bentuk terbaik, jadi kami harus berhasil mengendalikan permainan," tutur Moyes.


Jika mendapatkan tiga poin, MU akan dipastikan lolos ke babak selanjutnya. Hasil imbang bisa membuat peluang mereka harus ditentukan pada laga terakhir melawan Shakhtar Donetsk.


Bek veteran MU, Rio Ferdinand, pun berharap bisa lolos dari fase grup dengan menyisakan satu laga. Tentu hal itu menjadi sangat berharga jelang padatnya jadwal di bulan Desember mendatang.


"Jika kami kesana dan mampu menunjukan permainan tim yang bagus, saya yakin kami akan pulang dengan raihan poin," katanya.


"Kami harus segera mendapatkan poin, Sangat menyenangkan jika bisa menuntaskan pekerjaan dengan kemenangan," tambah Rio.


PSG Ikuti Langkah ManCity dan Bayern?


Persaingan di Grup A dan B sama-sama panas dan seru. Tapi hal itu tidak terlihat di Grup C maupun D, dua klub yang menempati dua posisi tertinggi hanya tinggal butuh hasil seri untuk melanjutkan perjalanan mereka.


Paris Saint-Germain masih kokoh di puncak Grup C dengan 10 poin, diikuti oleh Olympiacos (7 poin). Mungkin yang sedikut mengejutkan terseoknya Benfica, yang menduduki peringkat tiga grup (4 poin) sehingga terancam tersingkir ke Europa League.


Sedangkan di Grup D, Bayern Munich dan Manchester City sudah dipastikan melaju. Sang juara Bundesliga hanya butuh hasil imbang melawan CSKA Moscow untuk memastikan posisi juara grup. Sedangkan The Citizens akan menjamu Victoria Plzen di laga kelimanya nanti.


Persaingan menuju Europa League di Grup D masih terbuka. Plzen yang menduduki posisi buncit (0 poin) masih bisa menyalip CSKA (3 poin) asal bisa menang di dua laga terakhir, termasuk saat menghadapi si wakil Rusia tanggal 10 Desember mendatang.


Jadwal Pertandingan Liga Champions, Rabu 27 November 2013:

Grup A:

Bayer Leverkusen - Manchester United

Shakhtar Donetsk - Real Sociedad


Grup B:

Real Madrid - Galatasaray

Juventus - Copenhagen


Grup C:

Paris Saint Germain - Olympiakos

Anderlecht - Benfica


Grup D:

Manchester City - Victoria Plzen

CSKA Moscow - Bsayern Munich
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya