RD Benarkan Telah Mencoret 6 Pemain Timnas U-23

Turkmenistan Menang
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAbola - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan, membenarkan telah mencoret enam pemain yang dipersiapkan ke SEA Games 2013. Pencoretan ini dilakukan setelah perhelatan MNC Cup, Minggu, 24 November 2013. Pada turnamen mini ini, Tim Garuda Muda berhasil tampil sebagai juara setelah di laga terakhir menang 2-1 atas Maladewa.

Enam pemain yang dicoret adalah Shahar Ginanjar, Fandry Imbiri, Oktovianus Maniani, Shakir Sulaiman, Aldaier Makatindu, dan Sunarto. Menurut RD, 20 pemain yang tersisa sudah cukup ideal.

"20 pemain yang sudah kami pilih sesuai kebutuhan. Sebelumnya, mereka harus berkompetisi dengan pemain-pemain lain yang posisinya sama, dan kami memilih yang dianggap lebih mampu," ujar RD kepada VIVAbola, Senin 25 November 2013.

"Ada pertimbangan lain juga, seperti pemain-pemain yang kita pilih bisa bermain lebih dari satu posisi. Karena skuad yang kami bawa jumlahnya terbatas," jelas mantan pelatih Persipura Jayapura ini.

Pelatih berusia 46 tahun ini juga mengatakan, keputusan membawa dua kiper dan dua striker juga tak terlepas dari keterbatasan kuota. Namun, dia yakin ini adalah komposisi terbaik untuk pola 4-2-3-1 yang selama ini biasa diterapkan Timnas U-23.

"Kenapa dua kiper? Karena jika tiga kiper yang kami bawa, nanti hanya akan ada 17 pemain di lapangan selain kiper. Dan itu jumlah yang sedikit untuk tim yang akan mengikuti turnamen. SEA Games lalu juga kita hanya pakai dua kiper," beber RD. 

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Untuk striker, saya rasa sesuai kebutuhan, karena ada pemain dari posisi lain yang juga bisa berposisi sebagai striker."

Sebelumnya, kabar pencoretan enam pemain yang dilakukan RD sudah mencuat tak lama setelah Indonesia menjuarai MNC Cup. Salah seorang sumber menyebutkan bahwa Rahmad telah menentukan 20 pemain yang akan dibawa ke SEA Games di Myanmar, Desember 2013. (one)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016