Panasnya Persaingan 8 "Kuda Pacu" Premier League

Pemain Chelsea, Fernando Torres, saat melawan Arsenal
Sumber :
  • REUTERS/Suzanne Plunkett
VIVAbola
Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?
- Akhir pekan ini Premier League akan menyajikan persaingan panas di papan atas. Sejumlah hasil di laga penting bisa membuat posisi lima besar mengalami perubahan signifikan.

Rekor Buruk Mourinho di MU

Saat ini persaingan ketat sedang terjadi dalam perebutan poin di deretan atas klasemen. Tidak hanya satu, dua, atau tiga klub yang bersaing. Peringkat delapan hanya berjarak lima poin saja dari sang pemuncak klasemen.
MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas


Pekan ini menjadi amat krusial karena mempertemukan sejumlah tim yang ikut dalam persaingan tersebut. Salah satu yang terpanas adalah derby Merseyside yang mempertemukan Everton dengan Liverpool, hari Sabtu 23 November 2013.

Bagi The Reds laga ini sangat penting, sarat ambisi, dan tiga poin jadi target saat peluit panjang ditiupkan. Kemenangan bisa membuat Liverpool naik ke peringkat pertama klasemen, karena mereka hanya berjarak dua poin saja dari Arsenal.

Namun, bukan Everton jika ingin dipermalukan oleh Liverpool pada derby ke-221 nanti.
The
Toffees
tentu tidak ingin rekor tak terkalahkan di Goodison Park musim ini "dikotori" sang tetangga.


Tim asuhan Roberto Martinez itu menang tiga kali dan dua kali imbang dalam lima laga kandangnya musim ini, menempatkan mereka di posisi enam klasemen sementara dengan 20 poin.


Jika bisa menambah tiga poin, posisi Everton bisa satu tingkat dengan Everton. "Jika melihat kepentingan poin, laga ini tentu sangat besar dan akan memberikan permainan yang bagus," ujar Martinez, yang akan melakoni derby Merseyside pertamanya.


Namun, ambisi tuan rumah agak sulit terjadi jika melihat sejarah pertemuan kedua tim. Liverpool tidak pernah kalah dalam lima derby terakhir. Everton terakhir merasakan kemenangan pada Oktober 2010 di Goodison Park.


Pemuncak Klasemen Vs Sang Kuda Hitam


Jika Merseyside disajikan pertandingan derby, markas Arsenal juga tidak kalah menyuguhkan laga yang menarik untuk dinantikan.
The Gunners
bakal menjamu Southampton yang sedang tampil bagus awal musim ini.


Bagaimana tidak, tim asuhan Mauricio Pochettino saat ini menduduki peringkat tiga klasemen sementara. Dari 11 laga awal musim ini,
The Saints
hanya kalah satu kali. Jarak mereka dengan Arsenal hanya tiga poin saja.


Namun, usaha itu bisa saja menjadi masalah. Terakhir, Southampton dipermalukan 6-1 oleh Arsenal di Emirates. Apalagi sekarang tuan rumah memiliki Mesut Oezil yang sedang dalam kondisi sangat baik.


Tapi asa untuk merebut poin di markas Arsenal sebenarnya masih ada. Dari lima pertemuan terakhir, empat laga diantaranya berhasil imbang. Termasuk yang terakhir saat imbang 1-1 di St Mary Stadium bulan Januari kemarin.


"Premier League sangat kompetitif. Semua tim bisa mengalahkan tim lain. Kami harus yakin kalau kami bisa mengalahkan tim manapun," tegas Pochettino, yang baru bergabung awal musim ini.


Jika bisa saja meraih kemenangan, Southampton bisa saja menjadi pemuncak klasemen Premier League, meski masih harus melihat hasil Liverpool kontra Everton. Namun, Pochettino menegaskan timnya tetap fokus satu per satu pertandingan.


"Kita lihat saja bagaimana akhir musim nanti. Jika menang di Arsenal, sikap kami akan tetap sama. Tidak akan berubah," imbuh sang pelatih.


Klub-klub Unggulan Lain Terus Mengintai


Bukan hanya posisi tiga besar yang menyajikan persaingan panas. Peringkat empat sampai delapan terus memantau perkembangan hasil-hasil laga di atas.


Chelsea berambisi kembali ke jalur kemenangan saat melawat ke markas West Ham United.
The Blues
selalu gagal menang dalam tiga laga terakhir, kalah dari Newcastle dan ditahan imbang West Brom.


Jika berhasil menang, lalu Southampton dan Liverpool kalah, bisa membuat tim asuhan Jose Mourinho itu naik ke peringkat dua klasemen. Tapi usaha untuk dibayangi oleh kekalahan 1-3 di Upton Park tahun lalu.


Laga-laga hari Minggu juga tidak kalah pentingnya. Peringkat tujuh, Tottenham Hotspur, akan melawat ke markas Manchester City. The Citizens berpeluang menyalip Spurs jika bisa meraih kemenangan. Kedua tim hanya berjarak satu poin saja.


Jika klub-klub lain harus mengeluarkan usaha ekstra untuk mendapatkan keuntungan pada pekan ke-12 nanti, tampaknya tidak begitu dengan Manchester United.


Sang juara bertahan hanya akan bertemu klub promosi, Cardiff City, yang menduduki peringkat 14 klasemen sementara. Target tiga poin diusung tim asuhan David Moyes, untuk semakin mendekatkan mereka ke pucuk klasemen.


"Setan Merah" berpeluang naik ke peringkat tiga besar klasemen jika Chelsea, Southampton dan Liverpool terpeleset pada laga lain. MU, dengan 20 poin, hanya berjarak lima poin saja dari Arsenal di puncak.


Tapi bukan berarti MU bisa menang mudah di Cardiff City Stadium. The Bluebirds mampu tampil mengejutkan kala tampil di kandang sendiri. Rival sekota MU, Manchester City, sebelumnya dipermalukan 2-3 pada matchday kedua lalu.


Persaingan ketat di papan klasemen Premier League tidak pernah semenarik ini. Delapan klub saling berlomba untuk menjadi yang terdepan.


Tipisnya margin poin antara delapan "kuda pacu" ini bisa membuat salah satu mereka terlempar dari jalur perebutan juara. Siapakah klub-klub yang akan mengambil keuntungan pekan ini? Sedangkan siapa yang tidak bisa mengatasi tekanan? Akhir pekan ini Premier League begitu panas.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya