Ini 8 Tim Pendatang Baru di Piala Dunia 2014

Penyerang Belgia, Romelu Lukaku (tengah), usai mencetak gol
Sumber :
  • REUTERS/Antonio Bronic
VIVAbola -
Ronaldo Sumbang Gol, Portugal Taklukkan Belgia
Lengkap sudah 32 negara peserta Piala Dunia 2014. Uruguay menjadi negara terakhir yang memastikan tiket ke Brasil setelah bermain imbang 0-0 dengan Yordania pada leg kedua playoff intercontinental di Montevideo, Rabu 20 November 2013 waktu setempat (Kamis pagi WIB). La Celeste lolos dengan agregat 5-0.

Babak I: Portugal 2 Kali Bobol Gawang Belgia

Sebagian besar peserta Piala Dunia tahun depan juga ternyata berpartisipasi di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Negara-negara langganan seperti Jerman, Italia, Inggris, Belanda, Portugal, Argentina, Jepang, Korea Selatan kembali meramaikan persaingan.
Cerita Pemain Indonesia Dapat Perlakuan Rasis di Eropa


Namun ternyata ada 8 tim pendatang baru di Piala Dunia tahun depan. Mereka absen berpartisipasi di Piala Dunia Afsel namun bisa berlaga di laga kali ini. Kegembiraan bagi 8 negara ini tentu saja menyisakan kepedihan bagi 8 negara lain yang kali ini tak bisa lolos.

Siapa saja pendatang baru di Piala Dunia kali ini dan siapa pula yang harus absen? Berikut seperti dikutip dari Dirty Tackle
:


1. Iran (penampilan terakhir 2006)


Tiga negara Asia yang berpartisipasi di Piala Dunia 2010 juga akan berpartisipasi Piala Dunia tahun depan. Satu-satunya perbedaan adalah kehadiran Iran yang menggantikan posisi Korea Utara. Dilatih oleh mantan pelatih Real Madrid, Carlos Queiroz, Iran tampil menjanjikan dengan menjadi  juara grup A babak kualifikasi, mengungguli Korea Selatan.


Di zona Afrika, lima negara yang lolos juga berlaga pada 2010. Satu-satunya negara yang harus absen adalah Afrika Selatan yang pada 2010 lolos otomatis sebagai tuan rumah.


2. Kosta Rika (penampilan terakhir 2006)


Pada 2010, Kosta Rika harus absen setelah kalah dari Uruguay di partai playoff intercontinental. Kali ini mereka berhasil lolos setelah finis di urutan kedua zona CONCACAF di bawah Amerika Serikat. Namun, 5 kemenangan mereka ternyata diraih di kandang sendiri.


3. Kolombia (penampilan terakhir 1998)

Striker timnas Kolombia, Radamel Falcao.

Dengan lolos langsungnya Brasil sebagai tuan rumah, Amerika Selatan mendapatkan satu jatah tambahan. Kali ini Paraguay gagal lolos sehingga ada dua negara baru di Piala Dunia tahun depan.


Salah satu negara pendatang baru adalah Kolombia. Dimotori oleh Radamel Falcao, Kolombia sukses finis di urutan kedua, di bawah Argentina. Kolombia yang kini menempati rangking 4 FIFA berharap bisa kembali mencapai masa keemasan tahun 1990-an di era Carlos Valderrama.


4. Ekuador (penampilan terakhir 2006)

Kematian bomber andalan, Christian Benitez pada bulan Juli lalu memang menimbulkan luka mendalam bagi Ekuador. Namun mereka sanggup membalasnya dengan kelolosan di Piala Dunia tahun depan. Ini kali ketiga Ekuador berpartisipasi sejak 2002.


Kehadiran Ekuador menggantikan Selandia Baru yang pada 2010 berhasil tampil. Kali ini mereka gagal lolos setelah dikalahkan Meksiko di partai playoff. Amerika Selatan memiliki 6 wakil tahun depan, sedangkan Oseania gagal mengirimkan wakilnya.


5. Belgia (penampilan terakhir 2002)

Di zona Eropa, ada 4 negara baru yang akan berpartisipasi. Mereka menggantikan posisi Denmark, Serbia, Slowakia, dan Slovenia yang tahun depan harus absen. Salah satunya adalah Belgia yang memiliki generasi emas yang berlaga di liga-liga top Eropa. Belgia berpotensi tampil mengejutkan di Brasil tahun depan.


6. Bosnia-Herzegovina (penampilan perdana)

Bosnia-Herzegovina berhasil lolos untuk kali perdana ke Piala Dunia. Sebelumnya pada 1930 hingga 1990 mereka masih menjadi bagian dari Yugoslavia. Bosnia sukses keluar sebagai juara grup G di atas Yunani.


7. Kroasia (penampilan terakhir 2006)


Kroasia finis sebagai peringkat kedua grup A. Mereka memastikan langkah setelah mengalahkan Islandia dengan agregat 2-0 di partai playoff. Negara pecahan Yugoslavia ini pernah tampil mengejutkan dengan menjadi peringkat ketiga Piala Dunia 1998.


8. Rusia (penampilan terakhir 2002)


Dilatih oleh tangan dingin Fabio Capello, Rusia tampil meyakinkan dengan menjadi juara grup F. Mereka memaksa Portugal yang lebih diunggulkan harus melalui laga playoff. Menariknya, Rusia menjadi negara pertama yang lolos ke Piala Dunia 2018 dengan status tuan rumah. (umi)


Lihat berita menarik lainnya dengan mengklik
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya