Andik Pertimbangkan Lanjutkan Karier ke Luar Negeri

Pemain Timnas Indonesia U-23, Andik Vermansyah (merah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVAbola - Pemain kunci Timnas U-23, Andik Vermansyah mengaku tengah mempertimbangkan melanjutkan karier ke luar negeri. Liga Malaysia dan Jepang disebut menjadi pilihan sang pemain.

Andik membuka peluang melanjutkan kiprah di luar negeri. Bahkan, dia sudah menentukan pilihan. Namun, saat ini dia masih fokus memperkuat Indonesia di ajang SEA Games 2013.

Menanti Regenerasi Pasukan Garuda

"Sekarang ada dua tim dari luar negeri. Tapi masih sebatas komunikasi," kata Andik saat ditemui di Lapangan C, Sabtu 16 November 2013.

Pemain 22 tahun itu mengungkapkan, tidak mudah bermain di luar negeri. Faktor fisik dan mental sangat menentukan untuk bisa bersaing di luar negeri. Dia menjelaskan, untuk bisa bermain di luar negeri dibutuhkan VO2 max di atas rata-rata.

"Berkarier di luar negeri itu tidak mudah. Saya harus meningkatkan VO2 max dan menjaga mental. Bermain di luar negeri berbeda dengan di Indonesia," kata Andik.

Meski banyak tantangan untuk bisa berkiprah di luar negeri, Andik menyatakan, bermain untuk klub luar memiliki manfaat untuk mengembangkan karier ke depannya.

"Secara pribadi, saya pasti senang karena ini kesempatan bagi saya. Tapi untuk saat ini, saya ingin konsentrasi ke Timnas," kata Andik.

Lihat berita menarik lainnya dengan mengklik tautan ini.

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016