China Ingin "Tuah" Lippi Berlanjut Saat Hadapi Indonesia

Timnas Indonesia Vs China di Kualifikasi Piala Asia
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi

VIVAbola - China baru saja mencatatkan sejarah baru dalam lembaran persepakbolaannya. Guangzhou Evergrande, tim asal Negeri Tirai Bambu, kembali menjadi penguasa Asia setelah di final yang berlangsung dua leg berhasil mengalahkan klub asal Korea Selatan, FC Seoul, dengan agregat 3-3.

Guangzhou juara setelah unggul agregat gol atas FC Seoul. Ini merupakan trofi Liga Champions Asia (LCA) pertama yang diraih klub China dalam kurun waktu 23 tahun terakhir. Sebelumnya, Liaoning sempat meraih prestasi yang sama pada 1990.

Kesuksesan Guangzhou tentu tidak tak bisa dilepaskan dari kehadiran pelatih asal Italia, Marcelo Lippi. Mantan pelatih timnas Italia itu bergabung dengan Guangzhou pada 2012. Bersama Lippi, Guangzhou juga berhasil menjuarai liga maupun turnamen domestik.

Pelatih caretaker China, Fu Bo, menyambut gembira keberhasilan Guangzhou di pentas Asia. Mantan pemain timnas China yang juga pernah mengangkat trofi yang sama bersama Liaoning pada 23 tahun silam ini berharap mampu melanjutkan tren positif ke Piala Asia 2015.

Saat ini, pasukan Fu Bo masih berada di posisi 2 klasemen sementara Grup C dengan 4 poin, tertinggal 5 poin dari pemuncak klasemen, Arab Saudi, serta unggul satu poin atas peringkat 3, Irak. Kemenangan demi kemenangan sangat dibutuhkan China untuk memastikan satu tempat di putaran final.

"Saya memenangkan Asian Club Championship saat masih menjadi pemain 23 tahun lalu bersama Liaoning, dan Guangzhou mampu mengulangi kesuksesan itu tahun ini. Timnas China akan mendapat keuntungan dari pencapaian tersebut," kata Bo dilansir situs AFC.

"Ada banyak pemain dari Guangzhou di timnas China yang mengatakan hal itu," sambung Bo.

Ada dua lawan yang akan dihadapi China di Shanxi Stadium dalam waktu dekat ini. Pertama adalah Indonesia (15 November) dan Arab Saudi (19 November). Bo berharap timnya mampu menyapu bersih kedua laga itu.

"Kami mulai berlatih sejak 6 November 2013. Namun, karena ada FA Cup dan LCA, pemain tiba dalam waktu yang berbeda. Mereka baru berkumpul bersama pada 10 November 2013," kata Bo.

"Kami berlatih bersama dan meningkatkan status pemain di mana sebagian dari mereka sebelumnya bermain pada jadwal yang berbeda. Kami juga melakukan serangkaian tes bagi pemain, dan tampak mereka dalam performa yang baik, kami akan berikan yang terbaik."

Bo menambahkan, meski ada dua laga dalam waktu yang berdekatan, pihaknya untuk sementara fokus terhadap Indonesia. Bo telah menyiapkan pasukan terbaiknya untuk menghadapi Tim Merah Putih. Beberapa pemain yang sebelumnya absen seperti Sun Xiang, Wu Xi as, dan Huang Bowen, juga akan tampil dalam laga Jumat nanti.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Kami fokus ke pertandingan melawan Indonesia. Namun, tentu saja kami juga mempertimbangkan laga berikutnya dalam menata taktik," tutur Bo. (one)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016