VO2 Max Timnas U-19 Menurun, Evan Dimas Tetap Tertinggi

Pemain Timnas Indonesia U-19, Evan Dimas Darmono
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVAbola - Hasil tes fisik yang dilakukan oleh tim pelatih terhadap para pemain Timnas Indonesia U-19 yang sedang menjalani pemusatan latihan di Batu, Malang, sudah terungkap. Diketahui, kadar VO2 Max Evan Dimas Cs mengalami penurunan.

Di Piala AFF dan kualifikasi Piala Asia lalu, nilai VO2 Max Timnas U-19 berada dalam kisaran 55 hingga 60 di mana sang kapten Evan Dimas menjadi pemain dengan kadar VO2 Max tertinggi. Namun, kali ini, kisaran VO2 Max para pemain hanya sekitar 50 sampai 55 saja.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

VO2 Max merupakan kapasitas maksimum tubuh dalam menyerap dan menggunakan oksigen dalam sebuah tes yang dilakukan. Hasil tes itu menjadi acuan dalam membaca daya tahan seorang atlet.

"Paling tinggi tetap Evan Dimas, nilainya 55. Saya kurang hafal siapa-siapa saja yang paling tinggi dan rendah. Tapi, yang pasti kisarannya ada di antara 50 hingga 55," kata dokter Timnas U-19, Alfan Nur Ashar, saat dihubungi VIVAbola.

Menurut Alfan, penurunan kondisi fisik para pemain bisa disebabkan beberapa faktor. Pertama, karena para pemain baru saja selesai melakoni dua kompetisi bertensi tinggi dan jadwal yang sangat padat, Piala AFF dan kualifikasi Piala Asia.

Faktor lainnya adalah sesi tes fisik yang diberikan kemarin lebih banyak dibanding saat mereka menjalani TC di Yogyakarta, jelang Piala AFF. Selain itu, para pemain juga saat ini digembleng di lokasi yang secara topografi berada di kawasan dataran tinggi sehingga kadar oksigen dan tekanan udara sangat terbatas.

"Itulah faktor-faktor yang menyebabkan nilai VO2 Max mereka sedikit menurun. Kelelahan jadi hal yang utama. Tapi, melalui beberapa tes yang akan dilakukan beberapa hari ke depan, kondisi fisik mereka pasti akan meningkat lagi. Kami masih berusaha untuk memulihkan kondisi mereka seperti semula," jelas Alfan.

"Sebenarnya, kuantitas (nilai VO2 Max) bukan tolok ukur yang pasti. Terlihat dalam kondisi yang serba terbatas (tempat tinggi dan kadar oksigen menurun) mereka masih bertahan dengan nilai VO2 Max yang cukup tinggi. Ini menunjukkan kualitas fisik mereka baik," beber Alfan.  (one)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016