Arsenal Tak Pernah Kekurangan Stok Bek Tangguh

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger
Sumber :
  • REUTERS/Dylan Martinez

VIVAbola - Manajer Arsenal, Arsene Wenger tidak pernah menyimpan keraguan terhadap lini belakang saat bertandang ke Old Trafford untuk menghadapi Manchester United (MU), Minggu 10 November 2013. Arsenal memiliki kekuatan di lini belakang yang diwariskan turun-menurun.

Melawan MU, kepercayaan diri tinggi The Gunners tengah berlipat pascakemenangan dari tangan Borussia Dortmund di pentas Liga Champions. Keyakinan Wenger tim asuhannya bisa membendung serangan MU didukung fakta, gawang Arsenal tidak kebobolan dalam empat partai terakhir di semua ajang kompetisi.

Menurut pelatih asal Prancis itu, Arsenal kini mempunyai barisan pertahanan yang tangguh. Wenger mengklaim, kekuatan barisan pertahanan Arsenal telah terpelihara secara turun menurun sejak dia menangani Tim Gudang Peluru pada 1996 silam.

Di era 1990-an, Wenger memang memiliki empat benteng pertahanan tangguh yang dihuni Lee Dixon, Tony Adams, Steve Bould dan Nigel Winterburn hingga Martin Keown.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Setelah masa keemasan empat pemain tersebut meredup, muncul deretan nama lain seperti Ashley Cole dan Kolo Toure. Sekarang Wenger punya Per Mertesacker, Laurent Koscielny, serta Bacary Sagna.

Selama ini barisan pertahanan Arsenal memang selalu mendapat sorotan. Musim lalu, dari 38 partai, Arsenal kebobolan 37 gol. "Semua orang selalu bicara tentang pertahanan tim. Tapi mereka lupa, kami memiliki warisan kekuatan luar biasa di lini belakang," kata Wenger dikutip dari situs resmi Arsenal.

"Adams dan Bould persis Keown. Ketiganya sedikit berbeda. Tapi mereka memiliki beragam kesamaan: ulet, tangguh, dan bek yang cerdas di Inggris," ujar Wenger.

"Tapi mereka tidak pernah memberikan kredit apapun. Padahal, kami sempat memiliki pemain hebat seperti Sol Campbell dan Ashley Cole. Saat  menang, jarang ada orang berbicara tentang mereka," ucap Wenger. (eh)

Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016