Xavi: Salah Kalau Kami Ubah Gaya Bermain

Xavi (kanan) di tengah sesi latihan Barcelona
Sumber :
  • REUTERS/Gustau Nacarino
VIVAbola
Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN
- Gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, menegaskan timnya tidak akan mengubah gaya permainan yang sudah diusung sejak lama. Menurut Xavi, adalah satu kesalahan besar jika Barca emngubah karakter bermainnya.

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Di era kepemimpinan Gerardo Martino, Barca mendapat banyak kritikan terkait taktik dan strategi yang mereka usung. Selama berada di bawah arahan Marino, Azulgrana dianggap bermain lebih pragmatis ketimbang sebelumnya.
Liverpool Gilas Barcelona di Wembley


Mereka seakan melupakan sistem permainan menyerang khas yang terdapat dalam pola tiki-taka. Namun, Xavi dengan tegas menolak pandangan ini.


"Kami punya filosofi bermain yang jelas dengan sepakbola indah untuk mencapai target kemenangan. Mengubah filosofi yang sudah lama diusung adalah sebuah kesalahan besar," tutur Xavi seperti dilansir Marca.


"Filosofi permainan kami adalah menguasai bola sebanyak mungkin untuk membangun serangan. Kami banyak mendapatkan gelar dari gaya itu dan sebaiknya tidak berpikir untuk menggantinya karena kami merasa nyaman," sambung dia.


Perdebatan yang terjadi di luar mengenai gaya bermain Barca, diisukan juga menular ke kalangan pemain. Hal itu terlihat ketika Xavi dan Sergio Busquets berbeda pendapat ketika memberikan komentar usai Barca menekuk AC Milan di pentas Liga Champions.


"Tidak ada yang berdebat di dalam ruang ganti. kami semua sudah sepakat dengan ide yang ada dan pelatih telah berulang kali menginstruksikannya kepada kami," beber pemain timnas Spanyol ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya