Sebelum ke Korut, Jacksen Asah Kemampuan "Algojo" Timnas

Pemulihan Cedera Boaz Solossa
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Timnas senior Indonesia akan bertolak ke Korea Utara, Kamis malam, 7 November 2013. Pasukan Jacksen F Tiago akan meninggalkan Tanah Air sekitar pukul 21.00 WIB. Boas Solossa dan kawan-kawan akan menumpang pesawat Garuda dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Menurut Jacksen, perjalanan pasukannya akan terasa melelahkan. Apalagi, tidak ada penerbangan yang langsung menuju Pyongyang, Korea Utara. Untuk mencapai negara komunis tersebut, Timnas harus transit dulu di Beijing, China. Perjalanan diperkirakan akan memakan waktu hingga 18 jam.

Meski demikian, para pemain tetap menjalani latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, pagi tadi. Dalam sesi latihan terakhir sebelum ke Korut itu, Jacksen berusaha mematangkan lagi permainan timnya

Ke-24 pemain yang akan diboyong ke Korut ikut ambil bagian dalam sesi ini. Mereka diminta melakukan simulasi bertahan dan menyerang tanpa bola. Latihan kemudian dilanjutkan dengan umpan silang.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Kami harus mengisi semua sudut lapangan dan bermain kolektif. Tanpa komunikasi sudah ada pemahaman antarpemain sehingga memperlancar permainan secara tim," kata Jacksen.

Selain itu, Jacksen juga mengasah kemampuan bola mati pemainnya. Sebanyak lima pemain disiapkan sebagai algojo tendangan bebas, yakni Boaz Solossa, Hasyim Kipuw, Ahmad Jufriyanto, Raphael Maitimo dan Ahmad Bustomi.

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

"Kami harus antisipasi segala sesuatunya. Kami harus tahu siapa algojonya dan itu akan ditentukan pada rapat tim. Di klub, lima orang itu sering mengambil bola mati. Hasilnya cukup bagus dan mereka tinggal mengasah," sambung Jacksen.

Perjalanan ke Korea Utara merupakan bagian dari persiapan Indonesia sebelum menjajal kekuatan tuan rumah China pada babak penyisihan Grup C Piala Asia, 15 November 2013. Indonesia saat ini masih berada di dasar klasemen Grup C dengan koleksi satu poin. Sedangkan China di urutan kedua dengan empat poin.

Jacksen masih enggan membeberkan siapa saja yang akan tampil sebagai starter dalam laga ini. Menurut Jacksen, semua pemain yang dibawa berpeluang untuk tampil sejak menit pertama. "Sesuatu yang bocor itu tidak baik," katanya.

Selama di Korut, Indonesia akan menjalani satu kali uji coba melawan klub lokal. Timnas akan bertanding melawan April 25 Sports Club, 9 November 2013. (one)

Berita-berita menarik lainnya, silahkan klik di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya