RD Sorot Organisasi Permainan Timnas U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Regina Safri
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Pelatih timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan, saat ini tengah fokus memperbaiki organisasi permainan timnya. Menurut RD, organisasi permainan timnya masih belum terlalu memuaskan ketika ditahan imbang Timor Leste tanpa gol beberapa waktu lalu.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Yang coba diperbaiki saat ini adalah organisasi permainan. Di sini kami terlebih dahulu mencoba mengembalikan kondisi pemain ke performa terbaik mereka. Terlihat dalam uji coba melawan Lampung Selections, mereka sudah menemukan ketajamannya kembali," kata RD kepada VIVAbola.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


"Ketajaman dan kecepatan para pemain sudah kembali dalam bentuk aslinya. Sejauh ini perkembangan cukup pesat. Ketika melawan Lampung Selections, mereka mulai mampu bermain lebih terorganisir," tambahnya.


Dalam laga uji coba melawan Timor Leste beberapa waktu lalu, timnas U-23 tampil mendominasi. Namun, performa mereka dapat dibilang tidak meyakinkan.


Para pemain sangat mudah melakukan kesalahan-kesalahan mendasar. Selain itu, mereka sangat mudah terprovokasi oleh para pemain lawan sehingga organisasi permainan menjadi berantakan.


Dijelaskan oleh RD, hal itu lebih disebabkan karena kondisi fisik para pemain memang belum menemukan bentuk terbaiknya. Saat ini, memang seharusnya para pemain sedang memasuki masa istirahat karena kompetisi baru selesai. Dan tentunya, kondisi fisik mereka sudah memasuki masa jenuh.


"Maka dari itu sejak kemarin kami mencoba menerapkan porsi latihan fisik yang cukup berat dengan berfokus pada kekuatan dan stamina. Tujuannya adalah untuk mengembalikan fisik mereka seperti semula. Tapi, ada variasi yang kami terapkan agar para pemain tidak bosan," ucap RD.


Timnas U-23 kembali akan menjalani uji coba pada 12 dan 14 November 2013 mendatang. Dijadwalkan, mereka akan melakoni partai eksebisi melawan dua klub Hong Kong, Citizen AA dan Sun Pegasus. Pada 10 November 2013, Andik Vermansah dan kawan-kawan akan bertolak ke Hong Kong. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya