5 Duel Juventus Vs Madrid yang Paling Dikenang

Pemain Real Madrid, Gareth Bale, saat hadapi Juventus
Sumber :
  • REUTERS/Paul Hanna

VIVAbola - Duel Juventus kontra Real Madrid, dini hari nanti, kembali membuka catatan sejarah pertemuan kedua tim. Ada lima pertandingan antara Si Nyonya Tua kontra Los Blancos yang paling diingat dalam sejarah sepakbola.

Meski Madrid hanya butuh hasil imbang untuk memastikan lolos ke babak 16 besar Champions League, namun Madrid tetap memburu kemenangan. Adu gengsi menjadi alasan Los Blancos tampil ngotot di Juventus Stadium.

Nah, tentu menarik untuk menyimak lembaran sejarah saat kedua tim raksasa Eropa ini bertemu. Berikut ini 5 pertemuan yang dianggap paling dikenang dalam sejarah sepakbola:

1. Champions League, 1996

Juventus saat itu datang ke Santiago Bernabue untuk melakoni laga leg 1 babak perempatfinal. Stadion diserbu 80 ribu pendukung Madrid dan Juventus. Saat itu, Juve harus menelan kekalahan 1-0 lewat gol striker belia. Raul Gonzalez menjebol gawang Juve saat ia baru berusia 18 tahun dan membuat stadion bergemuruh.

2. Champions League, 1996
Kali ini giliran Juventus yang menjadi tuan rumah. Kalah menyakitkan lewat gol bocah tak dikenal pada leg 1 membuat Juventus marah besar. Hasilnya, Stadion Delli Alpi yang diserbu 69 ribu suporter sukses menjadi kuburan bagi Madrid.

Maklum, saat itu Juventus lebih banyak dihuni pemain-pemain kelas dunia macam Didier Deschamps, Paolo Sousa plus duet maut Fabrizio Ravanelli dan Gianluca Vialli. Itu belum ditambah dengan keberadaan striker mudanya, Alessandro Del Piero. Madrid tumbang 2-0 lewat gol Del Piero dan Padovano.

Juventus berhak lolos setelah unggul dengan agregat gol 2-1 sebelum akhirnya tampil sebagai juara setelah di final mengalahkan Ajax Amsterdam dalam drama adu penalti.

3. Champions League, 1998
Dua tim ini kembali bertemu, dua tahun kemudian. Menariknya, ini terjadi di partai puncak. Pada partai final yang digelar di Amsterdam Arena itu, Madrid sukses membalas Juventus yang saat itu ditukangi Marcelo Lippi dan diperkuat pemain bintang termasuk Zinedine Zidane yang kini menjadi asisten Carlo Ancelotti di Madrid. Los Blancos menang dengan skor tipis 1-0 lewat gol Pedrag Mijatovic. Ironisnya, Juventus saat itu jauh diunggulkan. Bagi fans Madrid ini menjadi momen paling membahagiakan setelah terakhir kali menjadi juara pada 1966.

4. Champions League, 2003
Juventus dan Madrid bertemu di semifinal leg 1. Madrid menjadi tuan rumah dengan disaksikan 75 ribu penonton yang memadati Santiago Bernabeu. Madrid era Galacticos jilid pertama akhirnya sukses menang 2-1. Gol Ronaldo sempat disamakan David Trezeguet. Namun Madrid yang saat itu diperkuat Luis Figo dan Zidane berhasil menang lewat gol penentu dari Roberto Carlos.

5. Champions League, 2003
Dengan hanya selisih satu gol, Juventus masih punya harapan besar untuk membalas Madrid. Dimotori Pavel Nedved, Juventus berhasil membuat pendukung Si Nyonya Tua bersorak gembira di akhir pertandingan. Juventus berhasil lolos setelah akhirnya menang 3-1 (agregat 4-3). Juve langsung memimpin 3-0 lewat gol Trezeguet, Del Piero dan Nedved sebelum Madrid mencetak gol hiburan lewat Zidane. Come back indah Juventus ini selalu dikenang suporter Si Nyonya Tua. (umi)

Diincar 2 Raksasa Italia, Isco Dibanderol Madrid Rp733 M
Gelandang Manchester United, Paul Pogba

Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus

Juve masih bertanggung jawab atas kebutuhan Pogba.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016