Timnas Hanya Jalani Satu Uji Coba di Korea Utara

Jacksen F Tiago
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Timnas Indonesia hanya akan menjalani satu laga uji coba di Korea Utara melawan 25 April Sports Club. Laga uji coba tersebut akan dilakoni pada 9 November 2013 mendatang di Yanggaldo Stadium, Pyongyang.

Pasukan Merah Putih akan berangkat ke Korut pada 7 November 2013. Rencana awal Indonesia akan menghadapi dua pertandingan uji coba pada 8 November dan 11 November 2013 dengan tim yang sama. Tapi rencana itu agenda itu batal terlaksana.

Jacksen membeberkan, mepetnya waktu menjadi alasan pihaknya menggelar satu laga uji coba jelang lawan China pada 15 November 2013 di ajang Kualifikasi Piala Asia 2015 grup C.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Lagipula Federasi Sepakbola Korut juga tidak bisa memenuhi lawan tanding, Timnas Korut bagi Indonesia karena terbentur alasan teknis. "Kami akan berangkat pada 7 November. Lalu, 9 November kami akan melakoni partai uji coba melawan 25 April SC," kata Jacksen.

"Sudah ada kontak, tapi kenyataanya mereka tidak bisa memberikan tim terbaiknya (timnas). Tapi tidak masalah karena  25 April SC adalah salah satu tim terbaik di Korut. Mereka sudah menjuarai Liga Utama Korut sebanyak 13 kali," ujar pelatih asal Brasil ini.

"Di Korut target kami beradaptasi dengan iklim di sana. Kami ingin menguji ketahanan fisik pemain di Korut karena suhu di sana mencapai 5 derajat celcius, sama dengan di China," sambung dia.

Namun, disadari oleh Jacksen, timnya tidak akan mempu mencapai peak performance mereka ketika melawan China pada 15 Oktober 2013 di Stadion Sanxhi, Xi'an. Pasalnya, kondisi fisik para pemain sedang berada dalam level yang paling bawah.

"Mereka ada di dalam masa istirahat. Sulit untuk mencapai peak performance. Tapi, saya menjaga kondisi mereka agar berada dalam level kompetitif. Itu saja sudah cukup menurut saya," jelas Jacksen.

Untuk pertandingan uji coba ke Korut, Jacksen menargetkan sudah mendapatkan 24 pemain utama yang akan dibawa ke China. Dalam waktu dekat, Indonesia akan mendapatkan tambahan 3 pemain dari Semen Padang. Dia masih akan menerapkan sistem promosi dan degradasi. (ren)

Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot
Pemain Timnas Argentina

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Argentina menggeser Belgia di rangking teratas dunia.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016