Cara Jacksen Atasi Rasa Jenuh Pemain Timnas

Pelatih Timnas senior, Jacksen F Tiago, sedang memberi instruksi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

VIVAbola - Pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F Tiago, membeberkan hambatan utama yang dihadapinya saat pemusatan latihan untuk persiapan menghadapi China di kualifikasi Piala Asia 2015. Menurut Jacksen, rasa jenuh menjadi salah satu musuh Tim Garuda.

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Jacksen mengungkapkan, pemain sedang memasuki masa rehat setelah menjalani kompetisi. Namun, pemain harus mengikuti program pemusatan latihan. Dia mengakui, harus putar otak dalam memberikan porsi latihan kepada anak asuhnya.

"Ini periode libur kompetisi. Harusnya mereka sedang istrahat. Menghilangkan rasa jenuh. Tapi mereka justru harus menjalani pemusatan latihan bersama timnas," kata Jacksen.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Untuk mengatasi rasa bosan tersebut, Jacksen harus berpikir keras dalam menyusun materi latihan yang sesuai dengan kebutuhan tim diimbangi variasi latihan. Bila tidak dilakukan, pemain akan sedikit kesulitan beradaptasi.

"Kreatifitas pelatih dibutuhkan. Saya harus berpikir untuk membuat variasi dalam latihan. Maksudnya bagaimana cara agar latihan teknik serta taktik bisa digabung dengan latihan fisik. Itu yang menjadi persoalan," jelas pria asal Brasil tersebut.

Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot

Meski demikian, pelatih yang pernah merumput untuk Persebaya Surabaya itu punya cara untuk mengatasi kebosanan yang dirasakan pemain. Dia mengungkapkan, tidak terlalu menekankan latihan fisik.

"Biasanya saya memisahkan antara latihan fisik dengan teknik dan taktik. Bila fisik mereka digenjot dalam masa istirahat, hasilnya tidak akan bagus," sambung dia.

Sebelum menghadapi China, Indonesia dijadwalkan akan menghadapi sederet laga uji coba. Paling dekat partai uji coba melawan Kyrgyzstan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat 1 November 2013.

Setelah itu, Tim Merah Putih akan berangkat ke Korea Utara untuk melakoni partai uji coba lain pada 9 dan 11 November. Lalu pada 15 November 2013, mereka akan bertanding melawan China di Stadion Shanxi, Xi'an.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya