Indonesia Vs Kyrgyzstan, Sama-Sama Buta Kekuatan Lawan

Ahmad Bustomi
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Indonesia akan menjamu Kyrgyzstan dalam laga uji coba yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat, 1 November 2013. Ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua negara sehingga sama-sama masih meraba kekuatan masing-masing.

Gelandang Tim Merah Putih, Ahmad Bustomi, tidak membantah kalau pihaknya minim informasi terkait tim lawan. Meski demikian, bukan berarti timnya sama sekali buta dengan kekuatan negara pecahan Rusia tersebut.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Para pemain minim informasi soal Kyrgyzstan, tapi bukan berarti buta sama sekali karena coach Jacksen sudah mempelajarinya lewat video," kata Bustomi dalam jumpa pers, Kamis, 31 November 2013.

Bustomi menambahkan, uji coba melawan Kyrgyzstan merupakan tolak ukur untuk timnya sebelum melakoni pertandingan kualifikasi Grup C Piala Asia 2015 kontra China, di Xi'an pada 15 November 2013.

"Persiapan cukup bagus, mulai dari di Batu kami fokus latihan fisik, dan pindah ke Jakarta, latihan fisik dikombinasikan dengan teknik dan strategi," jelas mantan pemain Arema Malang itu.

"Laga melawan Kyrgyzstan menjadi tolok ukur sebelum berhadapan dengan China. Pertandingan ini pemanasan sebelum laga sebenarnya di China. Hasil akhir bukan yang terpenting. Tujuan uji coba ini untuk dijadikan tolok ukur sejauh mana kemajuan tim ini," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh kapten timnas Kyrgyzstan, Mirlan Murzaev, mengaku belum mengetahui kekuatan Timnas Indonesia. Namun, Murzaev menilai pertandingan tetap akan berjalan menarik karena kedua tim tidak mengetahui kekuatan lawan.

Untuk menjalani pertandingan persahabatan melawan Tim Garuda pada Jumat, 1 November 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kyrgyzstan hanya membawa 16 pemain. Murzaev mengatakan, timnya tetap menganggap laga penting, karena setiap pemain yang membela tim nasional akan selalu memberikan yang terbaik.

"Kami tidak tahu kekuatan Timnas Indonesia, kami belum pernah dengar permainan mereka. Tapi, kami ingin memuaskan penonton yang hadir," terang Murzaev dalam konferensi pers sebelum pertandingan di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis 31 Oktober 2013.

"Kami tidak akan memberikan permainan yang membosankan, kami ingin memenangkan pertandingan walaupun ini hanya laga uji coba," urainya. "Ini akan menjadi pertandingan yg menarik, karena kami tidak saling mengetahui kekuatan masing-masing tim," sambungnya.

Uji coba kontra Indonesia dianggap Kyrgyzstan sebagai bagian persiapan menghadapi AFC Challenge Cup 2014 di Maladewa Mei 2014. Kyrgyzstan lolos ke putaran final setelah menjadi juara Grup B pada babak kualifikasi yang dilangsungkan Maret lalu. (ren)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016