Timnas U-19 Pilih Kota Batu Sebagai Tempat Pemusatan Latihan

Pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan gol
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki
VIVAbola –
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
Pelatih tim nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri, memilih Kota Batu, Malang, Jawa Timur sebagai tempat untuk menggelar pemusatan latihan pemain asuhanya, sebelum tampil di Piala Asia U-19 di Myanmar pada Oktober 2014. Skuad Garuda Jaya akan memulai pemusatan latihan di Kota Batu pada 9 November 2013.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Indra bersama seluruh asistennya: Eko Purdjianto, Nursaelan Santoso, Jarot Supriadi, dan Guntur Cahyo Utomo menyampaikan langsung kepada tim HPU Badan Tim Nasional (BTN) pada Rabu 30 Oktober 2013 di kantor BTN di kawasan Rasuna Kuningan, tentang keputusan mereka memilih Kota Batu sebagai lokasi pemusatan latihan. Untuk pemusatan latihan ini, Indra membagi tiga tahap yakni, fase
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
general, specific, dan
pre-competition.

Untuk fase general, pelatih asal Padang ini memilih Kota Batu, sedangkan untuk fase specific, Indra lebih cocok berlatih di UNY, Yogyakarta. Sementara itu, untuk fase pre-competition, homebase tetap di Yogya, tapi tim akan berpindah-pindah, baik di dalam negeri maupun luar negeri dalam melakoni rangkaian uji coba atau turnamen.


"Untuk teknis pre-competition saya serahkan implementasinya ke BTN. Karena saya sebagai pelatih tidak akan berhubungan dengan para pihak yang akan terlibat dalam uji coba-uji coba tim. Saya hanya memberi syarat dan kualifikasi ke BTN. Selanjutnya, BTN yang menjalankan sehingga kegiatan itu terlaksana," ujar Indra dalam rilis yang diterima wartawan.


"Saya ini pelatih, dan saya dikontrak oleh BTN. Timnas itu di bawah institusi. Saya tegaskan, silakan berhubungan dengan institusi. Saya fokus melatih dan memastikan target yang telah saya sampaikan, yakni lolos Piala Dunia U-20 New Zealand tercapai," terangnya.


Sementara itu, Ketua BTN, La Nyalla Mahmud Mattalitti, menyatakan, pihaknya mempersilahkan kepada semua stakeholder yang ingin mendukung Timnas untuk berkomunikasi langsung dengan PSSI. Selain itu, La Nyalla juga mendukung penuh desain program yang diajukan Indra Sjafri ke tim HPU BTN demi kesuksesan Evan Dimas dan kawan-kawan.


"Silakan saja kalau mau mendukung Timnas. Apakah itu
sponsorship
atau kerjasama lainnya. Tetapi, jangan langsung ke tim. Karena tim ini tugasnya fokus TC. Temui saja Sekjen PSSI, nanti pasti tersirkulasi ke bidang terkait. Apakah itu ke BTN, atau ke direktorat bisnis PSSI," jelas La Nyalla.


"Saya sudah dapat laporan dari sekretaris BTN, poin-poin dalam pertemuan dua hari itu. Prinsipnya saya setuju, dan dapat dilakukan. Soal biaya, sedang dihitung oleh tim HPU. Termasuk permintaan Indra untuk membeli beberapa peralatan dan perlengkapan demi mendukung TC," paparnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya