Messi dan Ribery Favorit Raih Ballon d'Or

ribery pemain terbaik eropa 2013
Sumber :
  • REUTERS/Jean Pierre Amet
VIVAbola
Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN
- Dua nama dijagokan meraih predikat pemain terbaik dunia atau Ballon d'Or edisi 2013 ini. Mereka adalah Lionel Messi dan Franck Ribery.

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Ribery menjadi kandidat terkuat peraih Ballon d'Or setelah mampu meraih gelar Pemain Terbaik Eropa musim 2012/13. Prestasi terbaiknya adalah ketika sukses menjadi andalan Bayern Munich untuk meraih gelar treble winner di musim tersebut.
Liverpool Gilas Barcelona di Wembley


Sedangkan Messi, dijagokan menjadi pemain terbaik dunia setelah memenangkan 4 gelar yang sama di tahun-tahun sebelumnya. Musim lalu, Messi memang kurang bersinar bersama Barcelona karena sering dibekap cedera.


Prestasinya di pentas Eropa juga kurang mentereng karena gagal membawa Barca lolos ke fase final Liga Champions. Namun, para pelatih, kapten tim, serta media-media Eropa masih yakin, Messi adalah salah satu kandidat kuat peraih gelar tersebut.


Sesuai daftar yang dirilis FIFA pada Selasa 29 Oktober 2013 ini, selain Messi dan Ribery, masih ada 21 nama lain yang masuk ke dalam nominasi. Cristiano Ronaldo, Luis Suarez, Gareth Bale, Zlatan Ibrahimovic, serta Andres Iniesta, menjadi pesaing dari Messi dan Ribery.


Hanya ada satu nama yang berposisikan sebagai penjaga gawang masuk dalam nominasi peraih Ballon d'Or. Dia adalah kiper asal Jerman yang bermain untuk Bayern Munich, Manuel Neuer.


Dua pelatih yang sudah pensiun, dimunculkan sebagai nominator kuat peraih gelar Pelatih Terbaik 2013. Mereka adalah Sir Alex Ferguson dan Jupp Heynckes. Untuk gelar yang satu ini, masih ada 8 nama lain yang masuk dalam nominasi. Penentuan peraih gelar Ballon d'Or dan Pelatih Terbaik Dunia 2013 akan dilaksanakan pada 13 January 2014 di Zurich, Swiss.


Berikut adalah nominasi peraih Ballon d'Or:


Gareth Bale (Wales), Edinson Cavani (Uruguay), Radamel Falcao (Kolombia), Eden Hazard (Belgia), Zlatan Ibrahimovic (Swedia), Andres Iniesta (Spanyol), Philipp Lahm (Jerman), Robert Lewandowski (Polandia), Lionel Messi (Argentina), Thomas Mueller (Jerman), Manuel Neuer (Jerman), Neymar (Brasil), Mesut Oezil (Jerman), Andrea Pirlo (Italia), Franck Ribery (Perancis), Arjen Robben (Belanda), Cristiano Ronaldo (Portugal), Bastian Schweinsteiger (Jerman), Luis Suarez (Uruguay), Thiago Silva (Brasil), Yaya Toure (Pantai Gading), Robin Van Persie (Belanda), Xavi (Spanyol).


Nominasi Pelatih Terbaik Dunia
:


Carlo Ancelotti (Italia, Paris Saint-Germain/Real Madrid), Rafael Benitez (Spanyol, Chelsea/Napoli), Antonio Conte (Italia, Juventus), Vicente Del Bosque (Spanyol, Timnas Spanyol), Sir Alex Ferguson (Skotlandia, Manchester United, pensiun), Jupp Heynckes (Jerman, Bayern Munich, pensiun), Juergen Klopp (Jerman, Borussia Dortmund), Jose Mourinho (Portugal, Real Madrid/Chelsea), Luiz Felipe Scolari (Brasil, timnas Brasil), Arsene Wenger (Perancis, Arsenal). (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya