Cech: Kiper Inggris Tidak Bisa Tangkap Bola dengan Baik

Kiper Chelsea, Petr Cech.
Sumber :
  • Daily Mail
VIVAbola
Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam
- Penampilan penjaga gawang utama Timnas Inggris, Joe Hart, yang tidak stabil telah menimbulkan gelombang kritik. Blunder yang dilakukan Joe Hart di beberapa pertandingan kembali membuatnya menjadi sasaran tembak suporter The Three Lions.

Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan

Meski demikian, Pelatih Inggris, Roy Hodgson, tetap mempertahankan Hart. Banyak pihak menganggap, minimnya persaingan di tubuh Timnas Inggris menjadi penyebab tidak berkembangnya Hart di bawah mistar.
Klopp Ternyata Pernah Kepincut Datangkan De Bruyne


Kiper Chelsea, Peter Cech, mencoba angkat bicara terkait situasi yang dihadapi Three Lions. Cech mengatakan bahwa kiper-kiper asal Inggris memang dikenal tidak bisa menangkap bola dengan baik.


"Saya kerap mendengar orang berbicara kenapa kiper Inggris tidak punya banyak kesempatan. Kenapa banyak kiper dari luar negeri yang tampil di Premier League. Namun, itu bukanlah pertanyaan yang tepat untuk dijawab," kata Cech seperti dilansir
Metro.co.uk
.


"Pertanyaannya adalah, apa yang telah dilakukan oleh kiper asing, sehingga mereka selalu berada selangkah di depan kiper Inggris. Jadi, saya pikir masalahnya adalah pada cara mereka dibesarkan," sambungnya.


Menurut Cech, di Inggris, latihan kiper hanya berlangsung sederhana. Seseorang menendang bola ke arah gawang, lalu kiper diminta untuk menangkapnya. "Tidak peduli caranya seperti apa," kata Cech. Ini berbeda dengan negara-negara lain.


"Di mana pun saya berada, apakah itu di Republik Ceko atau Prancis, Anda juga harus berpikir mengenai cara yang lebih baik untuk menangkap bola; teknik agar bergerak lebih cepat, cara meningkatkan koordinasimu secara keseluruhan," tuturnya.


"Namun, di Inggris, saya pikir sistemnya adalah ada yang menendang bola ke gawang dan kiper akan belajar sendiri cara menangkapnya," kata Cech.


Menurut Cech, krisis kiper menjadi tradisi bagi Timnas Inggris. Sebab, Three Lions kerap menugaskan satu kiper dalam jangka waktu yang cukup panjang.


"Gordon Banks tampil, saya tidak tahu berapa lama, kemudian Peter Shilton memperkuat Inggris selama 20 tahun. Lalu, David Seaman bertahun-tahun, sekarang Joe Hart. Anda pada dasarnya hanya punya satu kiper dan tidak mempedulikan yang lain," beber Cech.


Cech juga menyinggung mengenai besarnya tekanan yang dialami Joe Hart. "Masalahnya adalah saat Hart tampil baik, Anda kerap melihat
headlines
dan bertanya apakah dia kiper terbaik di dunia. Namun, saat ManCity kebobolan, tiba-tiba dia jadi tidak cukup baik," sambung Cech. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya