Para Pemain Timnas U-19 Diusulkan Tidak Masuk Klub

Timnas U-19 vs Laos
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja

VIVAbola - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Tony Apriliani, menilai saat ini PSSI dan Pemerintah harus lebih fokus dalam mengelola timnas sejak usia muda. Itu agar di masa depan Indonesia sudah memiliki tim yang kuat.

Terkait rencana jangka panjang skuad Timnas Indonesia U-19, Tony berpendapat, sebaiknya untuk sementara pasukan Indra Sjafri tersebut tidak berkonsentrasi dengan klub, baik lokal maupun luar negeri.

"Saya pikir sudah saatnya PSSI dengan Pemerintah membiayai Timnas sehingga bisa menjadi tim yang utuh dan kuat. Dikhawatirkan kalau pemain masuk klub, maka mereka akan terkontaminasi," kata Tony.

Menurutnya, sudah menjadi tugas Badan Tim Nasional (BTN) dan PSSI untuk merawat para pemain Timnas U-19 demi masa depan sepakbola Indonesia. Dia juga ingin perencanaan matang dimiliki tim pelatih Timnas U-19 demi menatap Piala Asia U-19 2014 di Myanmar serta target lolos ke Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru.

"Menurut hemat saya, tugas dari kita, PSSI dan BTN, mereka disuruh TC di luar negeri, atau mungkin ikut liga di luar, jadi tahun depan sudah benar-benar disiapkan. Yang jelas target kita sekarang ke AFC, terus Piala Dunia, kemudian SEA Games," terangnya.

"Perencanaannya sampai 2015, setelah itu umur mereka sudah 20-21 tahun. Federasi tidak boleh menghalangi hak mereka untuk bergabung dengan klub, mau luar negeri atau dalam negeri," tuturnya.

Mengenai kesuksesan Timnas Indonesia U-19, baik di ajang Piala AFF maupun di kualifikasi Piala Asia 2015, Tony meminta tidak ada euforia berlebihan. Karena itu malah bisa berdampak negatif untuk para pemain.

"Jangan dulu sekarang mereka dikasih duit, sudahlah euforianya cukup 2 minggu ini. Ketika masuk program lagi harus kembali fokus. Tidak apa-apa lah keluarganya menerima hadiah, untuk pendidikan mereka, tapi euforia jangan berlebihan. Jangan sampai puas dengan pencapaian sekarang," katanya. (one)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Baca juga:

VIDEO: Rumah Bek Timnas U-19 Kebanjiran Fans

PSSI Jamin Pendanaan Timnas U-19

PSSI Proyeksikan Timnas U-19 Lolos ke Piala Dunia 2015

Indra Sjafri Minta Penambahan Staf Pelatih Timnas U-19

Cech: Kiper Inggris Tidak Bisa Tangkap Bola dengan Baik

Mallenco Kembali Jadi Wasit El Clasico

Jarang Diumpan, Ronaldo Sering Menangis

Madrid Kemungkinan Besar Ditinggal Casillas

5 Pemain Paling 'Kasar' di Liga Inggris

Memprediksi "Grup Neraka" di Piala Dunia 2014

Model Cantik Ini Mengaku Pernah Diajak Kencan Messi

Penyerang Legendaris Kolombia Ditawari Jadi Bintang Film Porno

Pele Luncurkan Buku "Raksasa" Seberat 15 Kg, Seharga Rp18 Juta

Hadiah Khusus Ibrahimovic Bagi Bocah Pengidap Kanker Darah

Oezil Ulang Tahun, Kekasih Seksi Telat Beri Ucapan

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016