Memprediksi "Grup Neraka" di Piala Dunia 2014

piala konfederasi brasil menang atas spanyol
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Moraes

VIVAbola - Keluarnya peringkat dunia FIFA edisi 17 Oktober 2013 membuat prediksi tentang siapa-siapa saja yang akan bertemu di Piala Dunia 2014 mulai bisa dilakukan. Seperti biasa, "grup neraka" pun bisa terjadi di awal turnamen 4 tahunan ini.

Sampai saat ini, sudah 21 tim yang lolos ke Brasil tahun depan. Hanya tinggal 11 tempat lagi tersisa untuk negara-negara dari berbagai belahan dunia yang masih harus menjalani laga playoff.

Jika menilik dari rangking FIFA sudah tergambar tim-tim yang berpotensi akan bertemu. Keputusan penggunaan rangking per November sebagai penentu siapa saja negara unggulan sudah ditetapkan oleh Komite Eksekutif FIFA.

Dengan keputusan tersebut, Brasil (tuan rumah), Spanyol, Jerman, Argentina, Belgia, Swiss, Kolombia dan Uruguay akan menjadi unggulan di turnamen tersebut. Ketujuh tim berperingkat terbaik itu akan mengisi pot 1.

Sedangkan lima pot lain akan dibagi sesuai benua. Sebelumnya, FIFA selalu mengombinasikan negara Amerika Selatan dengan Afrika di pot 3, sementara Amerika Tengah dan Asia mengisi pot 4 dan 5.

Pot 2 akan diisi khusus oleh negara-negara Eropa. Karena wakil dari UEFA menjadi penyumbang paling banyak yaitu 15 negara. Hal ini memang tidak baku, tapi dinilai paling efektif oleh FIFA.

"Kuda Hitam" Singkirkan Jagoan

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016

Hal yang mengejutkan adalah tak masuknya Italia dan Belanda. Peluang Gli Azzurri untuk terhindar dari negara-negara kuat sudah tertutup karena menduduki peringkat 9 FIFA. Sedangkan Die Oranje masih berpeluang jika Uruguay terpeleset dari Jordania di playoff, pertengahan November ini.

Untuk Italia tentu ini hal yang sangat menyedihkan. Pasalnya, finalis Euro 2012 itu tak pernah terkalahkan dalam 40 laga kualifikasi Piala Dunia. Terakhir, Italia kalah di Prancis pada 7 tahun silam.

Begitu juga Belanda. Robin van Persie cs tercatat menang 26 kali dalam 28 laga di babak kualifikasi. Sebuah rekor baru di Eropa dalam tiga edisi kualifikasi terakhir, bahkan lebih superior dari Spanyol.

Secara mengejutkan Swiss, Kolombia dan Uruguay yang malah masuk dalam daftar unggulan. Padahal, ini kali pertama Kolombia lolos dalam 16 tahun terakhir, sedangkan Uruguay masih belum pasti lolos. Hal ini menimbulkan kritik pedas pada sistem rangking yang ditetapkan FIFA.

"Rumitnya perhitungan rangking FIFA membuat laga-laga persahabatan yang tidak penting jadi penting. Inilah yang menjadi kesalahan Italia dan Belanda," tulis Carlo Garganese dalam editorial di Goal.

Jika keberadaan Kolombia dan Uruguay masih dipertanyakan, tidak begitu dengan Swiss. Tim asuhan Ottmar Hitzfeld ini tampil konsisten dan berhasil mencatatkan rekor tak terkalahkan untuk melangkah ke ke Piala Dunia ke-10 dalam sejarah negara berpenduduk 8 juta orang tersebut.

Belgia juga begitu. Marouane Fellaini dan kawan-kawan tengah berada di masa keemasan dan terus merangsek ke posisi tertinggi di klasemen FIFA. Keuntungan ini dinilai sangat penting buat Belgia yang masih minim pengalaman di turnamen besar.

Status unggulan membuat kedua negara kecil itu bisa menghindari negara-negara kuat macam Brasil, Spanyol atau Jerman. Peluang lolos ke babak kedua pun lebih terbuka.

Grup Neraka Menghantui

Dengan masuknya negara-negara yang tidak punya sejarah panjang di daftar unggulan, hal ini menjadikan undian Piala Dunia 2014 nanti semakin menarik untuk dinantikan. Tiga tim yang kurang beruntung akan masuk satu grup dengan Brasil, yang tampil di depan publik sendiri dan baru saja menunjukkan penampilan cemerlang saat menjuarai Piala Konfederasi 2013.

Tiga tim lagi yang kurang beruntung akan masuk dengan Argentina, tiga dengan Kolombia dan tiga lagi dengan Uruguay. Dengan mulai adanya gambaran jelang undian, grup neraka mulai bisa tergambarkan. Karena saat ini, empat tim terkuat bisa saja bertemu.

Bagaimana tidak, Brasil bisa saja satu grup dengan Prancis dan Meksiko. Tapi, kedua negara terakhir harus melewati babak playoff lebih dulu sebelum memikirkan undian Piala Dunia.

Tidak hanya Brasil, Lionel Messi pun bisa saja menghadapi tim-tim kuat dunia. Argentina berpeluang satu grup dengan Belanda, Pantai Gading dan juara Asia, Jepang.

Tidak hanya negara-negara papan atas, Swiss atau Belgia juga berpeluang bentrok dengan Bosnia-Herzegovina, Burkina Faso dan Australia. Pertemuan antara negara-negara "kuda hitam" ini pasti akan menyajikan pertarungan keras dan ngotot.

Sedangkan untuk Argentina, Uruguay dan Kolombia, bukan tidak mungkin Chile dan Ekuador akan menjadi lawan mereka dan menyajikan laga derbi Amerika Selatan di awal turnamen. Meski pengundian grup Piala Dunia 2014 akan dilakukan awal Desember mendatang, perhitungan siapa-siapa saja yang bertemu di awal turnamen sudah sangat seru untuk dinantikan. Siap-siap hadapi laga-laga panas Piala Dunia di Brasil nanti! (one)

2 Kali Gagal Menang, Dunga Minta Brasil Tampil Lebih Ngotot

Baca juga:

Para Pemain Timnas U-19 Diusulkan Tidak Masuk Klub

VIDEO: Rumah Bek Timnas U-19 Kebanjiran Fans

PSSI Jamin Pendanaan Timnas U-19

PSSI Proyeksikan Timnas U-19 Lolos ke Piala Dunia 2015

Indra Sjafri Minta Penambahan Staf Pelatih Timnas U-19

Cech: Kiper Inggris Tidak Bisa Tangkap Bola dengan Baik

Mallenco Kembali Jadi Wasit El Clasico

Jarang Diumpan, Ronaldo Sering Menangis

Madrid Kemungkinan Besar Ditinggal Casillas

5 Pemain Paling 'Kasar' di Liga Inggris

Model Cantik Ini Mengaku Pernah Diajak Kencan Messi

Penyerang Legendaris Kolombia Ditawari Jadi Bintang Film Porno

Pele Luncurkan Buku "Raksasa" Seberat 15 Kg, Seharga Rp18 Juta

Hadiah Khusus Ibrahimovic Bagi Bocah Pengidap Kanker Darah

Oezil Ulang Tahun, Kekasih Seksi Telat Beri Ucapan

Tim penjinak bom Brasil meledakkan paket

Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016

Ditemukan paket misterius di dekat garis finis.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016