Deretan Pemain Terbaik Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa

Gelandang Jerman Mesut Oezil
Sumber :
  • REUTERS/Ralph Orlowski
VIVAbola
Arsenal Tanpa 3 Pilar Saat Hadapi Liverpool
- Kualifikasi Piala Dunia 2014 sudah selesai digelar. Sisa kuota di Brasil tinggal menunggu laga-laga playoff. Siapakah pemain yang mencolok sepanjang kualifikasi kemarin?

Mesut Oezil Ogah Kembali ke Santiago Bernabeu

Italia, Belanda, Jerman, Belgia, Swiss, Rusia, Bosnia-Herzegovina, Inggris dan Spanyol menjadi tim-tim benua biru yang langsung lolos ke Brasil. Sedangkan Kroasia, Swedia, Rumania, Islandia, Portugal, Yunani, Ukraina dan Prancis harus menjalani laga hidup mati.
Hasil Lengkap Laga Sepakbola Internasional Tadi Malam


Sejumlah pemain beken masuk dalam tim impian zona Eropa. Namun, ada juga beberapa nama yang patut diwaspadai pemain-pemain lawan pada musim panas nanti. Inilah tim terbaik selama kualifikasi zona Eropa, versi UEFA:

Kiper:
Igor Akinfeev (Rusia)

Penjaga gawang nomor satu tim "Beruang Merah" ini sangat menawan di awal babak kualifikasi, tidak kebobolan dalam lima laga. Setelah itu, Akinfeev hanya kebobolan lima gol saja. Kehadirannya menjadi salah satu alasan Rusia mampu mengungguli Portugal di Grup F.


Belakang:
Phillip Lahm (Jerman)

Meski posisinya kerap dipindah ke lapangan tengah oleh Pep Guardiola di Bayern Munich, Lahm ternyata tetap konsisten sebagai bek kanan di Timnas Jerman. Penampilannya membantu
Die Mannschaft
lolos ke Brasil lebih cepat.


Dmitriy Kombarov (Rusia)

Salah satu kartu As Fabio Capello dalam membangun serangan. Bek kiri ini selalu membantu penyerangan tim, namun tak pernah melupakan pekerjaannya sebagai pemain belakang.


Vincent Kompany (Belgia)

Bek tengah milik Manchester City ini memang menjadi sosok andalan Belgia di lini belakang. Kompany juga kerap membantu penyerangan, terbukti kontribusinya dalam gol saat lawan Wales dan Skotlandia.


Jan Vertonghen (Belgia)

Vertonghen sangat konsisten tampil untuk Belgia. Bek Tottenham Hotspur ini selalu tampil dalam laga kualifikasi Rode Duivels. Kerjasamanya dengan Kompany pun sangat efektif.


Tengah:
Daniele De Rossi (Italia)

Kesuksesan Italia lolos dari Grup B diyakini berkat performa menawan Daniele De Rossi. Pemain 30 tahun ini menjadi fondasi kuat di lini tengah Gli Azzurri, yang mencatatkan rekor tak terkalahkan di kuaalifikasi.


Mathieu Valbuena (Prancis)

Meski Les Bleus gagal lolos otomatis ke Brasil, penampilan winger Olympique Marseille itu sangat menghibur dan penting di lini tengah Prancis. Sayangnya, Valbuena masih harus melewati babak playoff setelah kalah poin dari Spanyol.


Mesut Oezil (Jerman)

Kualitas Oezil makin terlihat usai melewati babak kualifikasi ini. Playmaker anyar Arsenal itu menjadi topscorer untuk Jerman dengan membukukan 8 gol. Sosoknya jadi pilar penting dalam keberhasilan tim Joachim Loew.


Depan:
Edin Dzeko (Bosnia-Herzegovina)

Negara pecahan Yugoslavia tersebut lolos untuk pertama kalinya sejak merdeka. Dzeko menjadi bomber kesayangan masyarakat Bosnia dengan 10 gol, membuat mereka menduduki puncak Grup G.


Pedro Rodriguez (Spanyol)

Pemain andalan Vicente Del Bosque dalam urusan penyerangan. Kelincahan dan kemampuannya mencetak gol menjadikan Pedro sangat berbahaya kala berkostum La Roja. 4 gol berhasil ia lesakkan dari total 14 gol Spanyol di Grup I.


Robin van Persie (Belanda)

Terus menunjukkan diri sebagai penyerang paling tajam di Eropa saat ini. Torehan 11 gol membuat RVP jadi topscorer sepanjang kualifikasi zona Eropa. Ia sekaligus memecahkan rekor Patrick Kluivert sebagai pencetak gol terbanyak Timnas Belanda. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya