Persebaya Serius Dekati Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan saat menukangi timnas Indonesia.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Persebaya Surabaya terus melakukan finalisasi dalam perekrutan Rahmad Darmawan (RD) sebagai arsitek di Indonesia Super League (ISL) musim depan. Bahkan, manajemen Persebaya juga menyodori daftar nama-nama pemain yang diproyeksikan untuk kompetisi mendatang di antaranya Otavio Dutra dan Fandi Eko Utomo.

Manajemen tim yang bermarkas di Dukuh Menanggal itu mengusung misi diperkuat pemain-pemain asli Surabaya atau putra daerah. Selain itu, manajemen juga siap merekrut pemain-pemain bintang dengan kualitas nasional. Otavio Dutra yang mencetak 12 gol dan membawa Persipura menjuarai ISL dikabarkan merapat ke tim Bajul Ijo dengan banderol Rp 1,5 miliar.

“Penentuan pelatih memang belum dilakukan. Tapi, sampai sekarang manajemen juga tengah melakukan inventarisir pemain-pemain. Kami ingin musim depan tim diperkuat mayoritas produk-produk kompetisi di Surabaya. Manajemen juga siap merekrut sejumlah pemain bintang bila dirasa perlu,” kata asisten manajer Persebaya Amran Said Ali, Minggu 13 Oktober 2013 malam.

“Terkait Dutra, belum deal, ya. Masih negosiasi. Tapi, prinsipnya sama-sama menginginkan. Kami ingin jasanya dan Dutra sudah menyatakan minat bergabung. Pun demikian dengan Fandi yang masih terikat kontrak dengan Persela Lamongan hingga akhir bulan ini,” lanjutnya.

Selain kedua nama tersebut, manajemen Persebaya juga mengincar pemain lain. Yakni sejumlah punggawa Persebaya yang berkompetisi di Indonesian Premier League (IPL). Kendati kondisi Persebaya IPL yang tidak jelas, Amran menyatakan jika manajemen masih menghormati kontrak pemain incarannya yang berakhir November mendatang. “Kami akan menunggu kontrak para pemain hingga usai, November nanti,” jelasnya tanpa merinci pemain Persebaya IPL yang dibidik.

Diharapkannya, dengan diperkuat pemain-pemain Surabaya dan pemain bintang, Persebaya bisa bersaing dengan klub-klub terbaik Tanah Air. “Kami tentu ingin Persebaya bisa bersaing dengan tim-tim yang sudah mapan di ISL macam Persipura, Arema Cronous, Persib Bandung, Sriwijaya FC dan Persija Jakarta,” ungkap Amran.

Wagub DKI: Kalau Bonek Mengganggu, Kami Tindak Tegas

Namun yang lebih menggemparkan, keseriusan manajemen berbenah dengan menarik pelatih kawakan sedikit menemui jawaban. Minggu malam bertempat di sebuah rumah makan elit di kawasan Surabaya selatan, terjadi pertemuan dengan Rahmad Darmawan. Dari informasi yang dihimpun, manajemen ingin mendapat kepastian dari pelatih asal Metro, Lampung tersebut. Termasuk kontraknya dengan Singo Edan (sebutan Arema) serta Timnas Indonesia U-23.

Pada pertemuan tersebut, manajemen bakal meminta jawaban dari pelatih bertangan dingin yang akrab dipanggil RD itu, terkait nama-nama pemain yang diinventarisir. Manajemen juga meminta persetujuan RD untuk masa persiapan kompetisi diserahkan kepada Tony Ho sebagai asisten. “Tapi ini juga menunggu jawaban dari RD, apakah jika dia setuju gabung nanti akan bawa orang atau tidak,” kata sumber manajemen yang enggan diungkapkan namanya.

Fandi Tertarik Gabung Persebaya

Terpisah, Fandi yang diminati Persebaya, mengaku sangat tersanjung. Pemain yang musim lalu memperkuat Persela Lamongan itu bahkan mendapat support penuh dari sang ayah yang juga merupakan legenda Persebaya, Yusuf Ekodono. Namun, Fandi enggan memberi kepastian dengan alasan ingin konsentrasi ke Timnas U-23 proyeksi SEA Games Myanmar 2013.

“Selain itu, kontrak saya belum habis bersama Persela. Kontrak ini sampai akhir Oktober 2013 nanti,” katanya ketika dihubungi dari Surabaya.

Kendati demikian, secara tersirat Fandi telah memilih Bajul Ijo. Apalagi, ayahnya, Yusuf Ekodono, juga mendukungnya untuk tampil membela Persebaya di ISL musim depan yang akan digeber awal 2014. “Sebagai Arek Suroboyo, tentunya suatu kebanggaan bisa bermain di Persebaya. Sejak dahulu saya selalu bercita-cita bisa bermain di Persebaya. Saya ingin membanggakan kota kelahiran saya,” kata mantan pemain tim sepakbola Jatim di PON Riau 2012 lalu itu.

“Jika bisa bermain di Persebaya, saya bisa dekat dengan keluarga dan teman-teman saya. Sebab keluarga besar saya dan teman-teman, semuanya ada di Surabaya. Hal ini akan menjadi motivasi tersendiri bagi saya,” lanjut Fandi.

Ditambahkan Fandi, jika nantinya Persela akan memperpanjang kontraknya, tentunya ia akan memilih bertahan di Persela. “Tapi, saat ini saya harus fokus dulu bersama Timnas. Di TC (pemusatan latihan) ini, ada 34 pemain yang akan dikerucutkan menjadi 20 pemain untuk tampil pada SEA Games di Myanmar,” tutupnya.

Bonek memenuhi Stadion Tugu, Jakarta Utara

Bonek 'Sulap' Stadion di Jakarta Bak Markas Sendiri

Mereka berorasi dan bernyanyi yel-yel Persebaya.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016